Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Sosial

Di penghujung tahun 2014 ini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali mengadakan Ujian Terbuka dan Promosi Doktor. Kali ini giliran dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. mempresentasikan penelitian dalam rangka penyelesaian disertasinya.

Pada hari ini, Rabu, 31 Desember 2014 promovenda membawakan karya disertasi yang berjudul “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga”. Menurutnya, model pendidikan karakter berbasis sosial terbukti mampu mengaktualisasi nilai-nilai karakter.

Pembantu Dekan II Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Suka ini mengatakan bahwa aktualisasi nilai-nilai karakter sangat penting untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Akan tetapi saat ini masih kurang mendapatkan perhatian.

“Saat ini penanaman karakter mulia pada mahasiswa masih sangat rendah. Hal tersebut bisa dilihat dari bertolak belakangnya sikap mahasiswa dengan adanya kantin kejujuran dan kebiasaan nyontek berjamaah. Pada kantin kejujuran mahasiswa tidak berani nyuri makanannya, tetapi bila ujian tidak malu nyontek secara berjamaah. Selain itu, sebagian mahasiswa masih menunjukkan sikap dan perilaku mudah putus asa, bahkan mudah berbuat anarkis seperti pada saat demonstrasi BBM, contohnya”, ujar promovenda.

Di hadapan tim penguji yang salah satunya adalah Rektor UIN Suka, Prof Dr. Musa Asy’arie, promovenda menyatakan bahwa hasil implementasi model menunjukkan bahwa rasa saling percaya  yang terus dipupuk oleh silaturahim dan komunikasi persuasif di antara sesama warga kampus dan warga kampus dengan warga masyarakat, serta warga kampus dengan orang tua mahasiswa telah mengalami peningkatan, yang ditandai dengan berbagai masalah yang dapat diselesaikan dan kesalahfahaman yang  dapat diluruskan. Hal ini membuktikan bahwa rasa saling percaya  merupakan inti dari modal sosial, karena telah mampu meretas batas perbedaan dan menjadi hal penting untuk diperhatikan dalam pendidikan karakter.

“Hasil implementasi model ini dapat dilihat dengan adanya indikasi peningkatan aktualisai nilai karakter mahasiswa, seperti taat beribadah, kerjasama, tanggungjawab dan kejujuran”, tutupnya.

Hasil penelitian dengan bimbingan promotor Prof. Dr. Achmad Dardiri dan Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D. ini mampu dipertahankan dengan baik di hadapan tim penguji. Oleh karena itu, tim penguji yang diketuai Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. memutuskan  promovenda berhasil meraih gelar doktor kependidikan dengan IPK 3,94 yang berpredikat Sangat Memuaskan.

Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. merupakan doktor ke 264 di PPs UNY dan 38 pada prodi IP. Selamat kepada atas capaian ini. Semoga semakin memperkuat dan meningkatkan prestasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta UIN Suka pada umumnya. (Rb)