Forum Kajian Ilmu Pendidikan Hasil Disertasi Prodi S3 Ilmu Pendidikan

Berbagai strategi ditempuh oleh pengelola Program Pascasarjana UNY dalam rangka percepatan studi mahasiswa. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Forum Kajian Ilmu Pendidikan Hasil Disertasi Prodi S3 Ilmu Pendidikan. Forum yang dilaksanakan hari Jumat, 21 Februari 2014 di Aula PPs UNY ini menghadirkan mahasiswa jenjang S-3 dari berbagai prodi khususnya prodi Ilmu Pendidikan (IP).

Melalui forum ini para mahasiswa dapat berdialog dan melaporkan perkembangan kemajuan (progress report) disertasinya. Menurut kaprodi IP, Dr. Dwi Siswoyo, M.Hum., forum ini bertujuan untuk menstimulasi mahasiswa agar cepat menyelesaikan disertasinya, dan mempersiapkan yang akan ujian agar mampu menanggapi pertanyaan penguji. Selain itu, bagi yang hampir selesai berkesempatan merevisi apabila terdapat kekurangan dan menyempurnakan penulisan disertasinya.

Bagi mahasiswa yang hadir dalam forum ini diharapkan termotivasi untuk segera menyelesaikan disertasinya agar segera ujian dan bagi presenter bisa mendapatkan masukan dari teman sejawat dan seluruh hadirin dalam sesi dialog setelah paparan kemajuan disertasi disampaikan oleh presenter.

Forum ini dimulai dengan sambutan dari Sekprodi IP, Dr. Siti Irene Astuti D., M.Si. Mewakili kaprodi beliau mengharapkan kegiatan seperti ini bisa dipergunakan semaksimal mungkin. Sehingga tujuan forum ini yaitu percepatan studi dapat tercapai.

Setelah dibuka oleh sekprodi IP dilanjutkan dengan diskusi panel dengan menghadirkan 3 presenter yaitu mahasiswa IP angkatan 2008 dan 2009. Ketiga mahasiswa tersebut antara lain Nur Kholis dari STAIN Tulungagung, Rohmat, M.Pd. dari STAIN Purwokerto, dan Sri Sumarni, M.Pd. dari Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Setelah paparan progress report disampaikan oleh presenter dilanjutkan dengan dialog. Hadirin memberikan tangapan, masukan ataupun pertanyaan kepada presenter. Selanjutnya masukan dan tanggapan tersebut dicatat oleh tiap presenter untuk kesempurnaan disertasinya. (Rb)