Field Assessment Prodi Pendidikan Sains PPs UNY

Program studi Pendidikan Sains (PSn) Program Pascasarjana (PPs) memperoleh visitasi akreditasi oleh BAN-PT. Kegiatan field assessment ini dilakukan oleh Tim Asesor, Prof. Dr. Ramlan Silaban, M.Si. dan Prof. Hery Purnobasuki, Ph.D. Senin, 11 Juli 2016, kedua asesor tersebut mulai melakukan kegiatan verifikasi lapangan. Perlu diketahui bahwasanya bulan ini merupakan masa peralihan karena telah terjadi pergantian kepemimpinan di PPs UNY. Oleh karena itu, kedua asesor merasa sangat terhormat disambut lengkap oleh pimpinan lama dan pimpinan baru. Hadir dalam penyambutan tersebut pimpinan baru periode 2016 – 2020 antara lain Dr. Moch. Bruri Triyono (Direktur), Dr. Sugito, MA. (Asdir I), dan Ibu Losina Purnastuti, Ph.D. (Asdir II). Sebagai pimpinan lama periode 2013 -2016 yang bertanggungjawab dalam penyusunan borang institusi, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., Prof. Pardjono, Ph.D., dan Prof. Dr. Muhyadi juga turut hadir untuk ikut serta menanggapi penilaian asesor.

Sebagai informasi bahwa prodi PSn merupakan induk dari empat bidang yaitu IPA, Biologi, Fisika dan Kimia sehingga keliahatan sangat ramai dengan hadirnya semua dosen dari keempat bidang tersebut. Selain itu, hadir juga mahasiswa dan alumni dari berbagai angkatan yang semuanya memiliki kepentingan untuk dipertemukan dengan asesor.

Penilaian diawali dengan pencermatan bersama borang institusi/pascasarjana yang langsung ditanggapi oleh pimpinan lama dan baru serta tim penjaminan mutu PPs UNY, Dr. Dimyati dan Dr. Teguh Setiawan. Dalam pencermatan borang IIIB ini relatif lancar karena tim sudah berpengalaman dan berkali-kali menghadapi berbagai pertanyaan yang diberikan oleh asesor. Ketika mampu memberikan argumentasi dan menunjukkan dokumen yang diperlukan tentunya sudah dinyatakan lulus.

Penilaian kedua adalah pencermatan borang prodi langsung ditanggapi oleh tim diantaranya Prof. Dr. Nurfina Aznam, Prof. Dr. IGP Suryadarma, Dr. Insih Wilujeng, Dr. Senam, dan Pujiyanto, M.Pd. Berkat kekompakan dan kelihaian dalam menjawab pertanyaan serta didukung oleh dokumen bukti terkait yang valid, assessment untuk borang IIIA ini cukup lancar.

Selanjutnya dalam kesempatan yang langka ini, kedua utusan BAN-PT tersebut juga menyempatkan diri untuk mendengarkan testimoni dan berdiskusi dengan beberapa dosen pengajar dan alumni PSn. Dari diskusi tersebut menambah informasi bagi asesor untuk memberikan penilaian untuk standar tertentu.

Kaprodi PSn yang diamini oleh dosen pengajar merasa optimis visitasi ini bisa mendapatkan nilai yang terbaik. Hal ini bisa dilihat dari rekap hasil penilaian yang diberikan asesor untuk dicermati bersama yang pada akhirnya ditandatangani oleh pimpinan PPs UNY dan kaprodi PSn. Namun, semua kembali kepada BAN-PT yang berhak menentukan hasil akhirnya. Semoga berkat persiapan yang cukup matang dan lama, akreditasi prodi yang telah banyak menghasilkan alumni ini bisa mencapai derajat unggulnya. (Rubiman).