Dual Degree Prodi Teknologi Pendidikan dengan National Central University Taiwan

Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti program Dual Degree di Graduate Institute of Network Learning Technology, National Central University (GINLT NCU). Dalam Program tersebut, mahasiswa mengambil kredit sejumlah 23 sks dengan rincian 12 sks di semester 1 dan 11 sks di semester 2 pada tahun pertama di UNY. Pada tahun kedua, mahasiswa melaksanakan perkuliahan di GINLT NCU, Taiwan dan harus mengambil kredit setidaknya 9 sks (3 mata kuliah) di semester 3. Selanjutnya, mahasiswa menyelesaikan penelitian tesis di semester 4 dengan kredit 6 sks.

Mahasiswa yang lolos dalam program ini sebanyak 4 orang yang merupakan mahasiswa semester 3. Mahasiswa tersebut berangkat pada tanggal 1 September 2018 dan mulai mengikuti perkuliahan pada tanggal 10 September 2018.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti program Dual Degree adalah Ayu Nuswantari. Ia mengaku mengikuti program Dual Degree ini karena ada kesempatan dan ingin memperluas pengetahuan. Ayu ingin mencoba melihat dari berbagai perspektif pendidikan karena selama ini Ia bersekolah di dalam negeri. Ayu ingin melihat dari kacamata yang beragam agar dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan diri. Ayu juga menyampaikan bahwa program Dual Degree ini merupakan kesempatan yg belum tentu akan ia dapatkan lagi, maka dari itu ia bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Mahasiswa lainnya adalah Cinthya Indrastyawati. Ia mengaku mengikuti program Dual Degree karena ingin menambah pengalaman, ilmu dalam kehidupan sehari-hari di luar negeri dan perbedaannya dengan indonesia. Mereka berharap bahwa dengan bersekolah di luar negeri tidak menjadikan lupa akan tanah air dan dapat kembali memberikan hal-hal positif untuk pendidikan di Indonesia.

Ayu dan Cinthya memberikan tips untuk mengikuti program Dual Degree, yang pertama adalah belajar dan berdoa. Berusaha membiasakan manajemen waktu karena budaya di sana semuanya serba tepat waktu dan efisien. Yang kedua adalah just be sure. “Kamu harus yakin dengan pilihanmu dan jangan berhenti di tengah jalan. Selesaikan tanggungjawabmu. Jika kamu ingin mendaftar baiknya kamu sudah punya tabungan, dan sudah punya pengalaman bekerja yang baik agar kamu juga bisa bangga dengan hasilmu tanpa membebani orang tuamu. Be brave, be wise, work hard. The harder you work the luckier you are.”

Lulusan Program Master Dual Degree ini akan memperoleh dua gelar yakni M.Pd. dari UNY dan M.Sc. dari NCU. Lulusan akan memiliki kompetensi sebagai instructional designer, multimedia developer, e-learning developer, learning resources manager, serta trainer & researcher dalam kawasan teknologi pembelajaran yang berwawasan internasional. (Franky)