Dua Peserta Tunanetra Ikuti Ujian Masuk Gelombang 3 PPs UNY

Di penghujung semester genap TA 2013/2014 ini, PPs UNY kembali mengadakan seleksi masuk mahasiswa baru. Seleksi gelombang ke 3 yang waktu pendaftarannya diperpanjang hingga 1 bulan ini akhirnya menyerap 713 pendaftar. Dari jumlah tersebut yang berkesempatan mengikuti seleksi masuk gelombang 3 pada hari Minggu, 15 Juni 2014 adalah sebanyak 624 peserta dengan rincian 41 untuk jenjang S-3 (Doktoral) dan 583 untuk jenjang S-2 (Magister).

Masih seperti gelombang sebelumnya, seleksi ini mengerjakan Tes Bakat Akademik (TBA) dan Tes Bahasa Inggris. Selain itu, peserta mengerjakan pada Lembar Jawab Komputer (LJK). Untuk calon mahasiswa jenjang S-3 ditambah dengan ujian wawancara yang dilakukan oleh masing-masing Prodi.

Hal yang berbeda dan istimewa pada seleksi gelombang ini adalah karena terdapat dua peserta tunanetra. Kedua peserta tersebut adalah Dyah Witasoka, S.Pd.I. alumni PAI Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga dan Triyanto, S.Pd.I guru SLB A Yaketunis (Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam).

Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. didampingi oleh WR I, WR II, dan WR IV berkesempatan memantau pelaksanaan seleksi ini. Setelah berkeliling ke semua ruang, beliau tertarik untuk menghampiri kedua peserta tunanetra.

Di hadapan Pak Rektor, Dyah Witasoka berujar bahwa setelah merantau dari Palembang ke Yogya hanya untuk belajar di UNY sebab di UNSRI Palembang belum melayani pendidikan untuk kalangan difabel. Selain itu, setelah lulus dari PPs UNY dia bercita-cita menjadi dosen dan mendirikan yayasan untuk penyandang difabel. Akhirnya lulusan cumlaude UIN SUKA ini berharap dapat merasakan suasana baru pada prodi yang disukai di PPs UNY.

Di tempat lain, Triyanto, S.Pd.I. juga dihampiri pimpinan UNY dan PPs UNY. Menjawab pertanyaan Pak Rochmat Wahab, guru SLB A Yaketunis Yogyakarta ini ini ingin jadi pakar Pendidikan Luar Biasa, dosen PLB dan mengkampanyekan konsep PLB.

Dari pengamatan pimpinan UNY, seleksi masuk kali ini berjalan lancar. Banyaknya jumlah peserta yang mendaftar maka ruang ujian melebar hingga memakai ruang kuliah di FIP UNY. (Rb)