Dr. V. Lilik Hariyanto Kembangkan Model Pembelajaran Kewirausahaan

Di era global ini kurikulum berbasis kewirausahaan telah diimplementasikan di sekolah khususnya SMK. Pengembangan kesiapan berwirausaha bagi peserta didik di Indonesia melalui dunia pendidikan menjadi suatu kebutuhan yang mendesak.

Di sisi lain lulusan SMK memiliki kesempatan dalam wirausaha, tetapi selama ini peluang tersebut belum ditangkap oleh mereka, karena belum terbinanya kesiapan untuk menjadi wirausaha. Salah satu bidang wirausaha tersebut adalah Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Saat ini bidang tersebut berpeluang besar karena pembelajaran keterampilan ini sifatnya praktis dan tidak memerlukan suatu aplikasi teknologi yang rumit dan tingkat tinggi.

Adalah dosen Pendidikan Teknik Sipil dan Perancanaan FT UNY, V. Lilik Hariyanto, M.Pd. melakukan penelitian tentang kewirausahaan untuk menjawab tantangan di atas. Penelitiantersebut dalam rangka penyelesaian studi doktoralnya di PPs UNY. Pada hari Sabtu, 6 September 2014 ringkasan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Terintegrasi Bidang Produktif Siswa SMK Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton” dipresentasikan dalam ujian terbuka dan promosi doktor Program Pascasarjana UNY.

Promovendus mengemukakan bahwa penelitiannya ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan terintegrasi yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK, menghasilkan perangkat model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK, menghasilkan model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK yang memenuhi kriteria tepat, menghasilkan model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK yang memenuhi kriteria efektif, menghasilkan model pembelajaran terintegrasi untuk menumbuhkan kesiapan berwirausaha siswa SMK yang memenuhi kriteria praktis

Penelitian yang dilakukan di SMK 2 Pengasih Kulon Progo dan SMK 1 Seyegan Sleman ini ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan prosedural Borg & Gall. Prosedur yang dilalui dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu kegiatan penelitian dan kegiatan pengembangan. Kegiatan penelitian adalah untuk mengumpulkan data dan informasi menganai produk yang akan dikembangkan. Kegiatan pengembangan lebih memfokuskan pada analisis produk yang dikembangkan melalui kegiatan FGD, uji coba terbatas dan uji coba diperluas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Model PKT dapat digunakan untuk menumbulikan kesiapan berwirausaha siswa SMK, perangkat pembelajaran Model PKT guna menumbulikan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, model PKT yang memenuhi kriteria tepat untuk menumbulikan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, model PKT yang memenuhi kriteria efektif untuk menumbulikan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, penerapannya menunjukkan pada tingkat keefektifan yang baik, model PKT yang memenuhi kriteria praktis untuk menumbulikan kesiapan berwirausaha siswa SMK dapat dikembangkan, dengan ditandai respons guru dan siswa terhadap penerapan Model PKT adalah positif.

Dengan bimbingan dan arahan promotor Prof. Dr. Husaini Usman dan Prof. Pardjono, Ph.D., promovendus dapat mempertahankan hasil penelitiannya dengan baik di depan tim penguji. Hal tersebut terlihat dari tanggapan atas pertanyaan, masukan, dan saran penguji.

Hasil sidang memutuskan bahwa mahasiswa S3 PTK angkatan 2009 ini berhasil lulus menyandang gelar doktor dalam bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan predikat Sangat Memuaskan. Dr. V. Lilik Hariyanto merupakan doktor lulusan PPs UNY ke 242 dan 68 pada prodi PTK.

Sebagai promotor, Prof. Dr. Husaini Usman mengharapkan agar Dr. V. Lilik Hariyanto  tidak meniru filosofi pohon pisang sekali berbuah langsung mati. Akan tetapi mampu berkarya sepanjang masa. Mampu menelorkan karya-karya ilmiah yang baru dan bermutu. Selamat berkarya buat FT UNY. (Rb)