Dr. Sukris Sutiyatno Teliti Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY), Kamis 30/10, kembali mengadakan ujian terbuka disertasi bagi Sukris Sutiyatno, 49 tahun. Dosen STMIK Bina Patria Magelang ini membawakan disertasi berjudul "Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran terhadap Kinerja Guru, Komunikasi Organisasi, Budaya Sekolah, dan Kepuasan Siswa" dalam ujian terbuka pada Program Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bertindak sebagai promotor Prof. Slamet PH., Ph.D., dan co-promotor Prof. Dr. Sugiyono. Sedangkan para penguji terdiri atas Prof. Soenarto, Ph.D. dan Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc.

Pembangunan sumber daya manusia mempunyai peranan penting dalam menghadapi persaingan akibat makin terbukanya perdagangan bebas antar negara, dan semakin cepatnya pengaruh luar melalui globalisasi. Kepemimpinan pembelajaran sangat penting diterapkan karena misi utama suatu institusi pendidikan adalah terciptanya pembelajaran yang berkualitas untuk mencapai tujuan. Di sekolah seorang kepala sekolah mempunyai peran yang harus dijalankan secara bersama, antara lain mencakup educator, manager, administrator, supervisor, motivator, enterpreneur, dan leader.

Di sisi lain, siswa sebagai pelanggan utama sebuah sekolah mempunyai nilai atau student’s  value yaitu kepuasan menerima layanan dari sekolahnya. Seorang kepala SMK yang menerapkan kepemimpinan pembelajaran harus mempunyai fokus yang kuat terhadap pentingnya kepemimpinan pembelajaran karena tujuannya memberikan layanan prima kepada semua siswa, meningkat kepuasan belajarnya, motivasi dan prestasi belajarnya, kreativitas, dan jiwa kewirausahaanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan pembelajaran terhadap kepuasan siswa secara langsung, dan bersama dengan kinerja guru, komunikasi organisasi, dan budaya sekolah yang dikonstruksi sebagai mediasi.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa kepemimpinan pembelajaran memberi pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, komunikasi organisasi memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, budaya sekolah memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. Secara langsung,  kepemimpinan pembelajaran memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, secara tidak langsung melalui variabel mediasi, kepemimpinan pembelajaran memberi pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa, dan secara serentak langsung dan tidak langsung.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa secara langsung, dan bersama dengan kinerja guru, komunikasi organisasi, dan budaya sekolah yang dikonstruksi sebagai mediasi. Sehingga dalam menjalankan kepemimpinan pembelajaran, kepala sekolah harus mengelola dan memberdayakan kinerja guru, komunikasi organisasi dan budaya sekolah agar kepuasan siswa dapat tercapai secara maksimal.

Dengan hasil penelitian tersebut menghantarkan promovendus meraih gelar doktor kependidikan dengan predikat Sangat Memuaskan. Dr. Sukris Sutiyatno, M.M., M.Hum. merupakan doktor ke 252 di PPs UNY dan ke 70 pada prodi PTK. (Rb)