Dr. Sri Rejeki Terapkan Metode Standard Setting untuk Ujian Nasional di SD

Program Pascasarjana UNY kembali meluluskan doktor dari Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) melalui Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Jumat (12/4/2013) di Aula PPs UNY. Promovendus Sri Rejeki mengambil judul “Metode Standard Setting untuk Ujian Nasional di Sekolah Dasar” dalam penelitian disertasinya dan dipromotori oleh Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. dan Prof. Kumaidi, Ph.D. sebagai Co-Promotor.

Penelitiannya didasari dari keinginan untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia terutama di Sekolah Dasar. Menurutnya, selama ini penilaian pendidikan di Indonesia dengan diterapkannya KTSP berdasarkan pada acuan kriteria termasuk dalam penetapan standar kelulusannya. Di Sekolah Dasar meskipun sudah ada cara untuk menetapkan kelulusannya, tetapi masih berbasis pada acuan normatif, yaitu masih adanya pertimbangan-pertimbangan lain di luar hasil ujian siswa. “Sistem evaluasi yang sejalan dengan KTSP semestinya berbasis pada kompetensi lulusan dan standar isi yang ditetapkan” tambahnya.

Sehingga pada penelitiannya Sri mengambil beberapa tujuan di antaranya, untuk mengetahui karakteristik hasil Cut Score Ujian Nasional (UN) di SD berdasarkan pengembangan implementasi metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel, metode Bookmark dan hasil modifikasi metode Ebel-Bookmark  yang dikembangkan dalam penetapan Cut Score UN di SD. Selain itu, tujuan lain untuk mengetahui keyakinan/kepercayaan panelis terhadap implementasi metode Standard Setting  untuk menetapkan Cut Score, mengetahui akurasi implementasi metode Nedelsky, Angoff, Ebel, Bookmark serta modifikasi Ebel-Bookmark berdasarkan standar deviasi masing-masing metode. Mengembangkan dan mengimplementasikan metode Standard Setting berdasarkan pendekatan test centered dalam menetapkan Cut Score UN di SD.

Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Bookmark  lebih akurat dibandingkan dengan metode yang lain untuk menetapkan cut score mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika dalam UN SD 2009, modifikasi metode Ebel-Bookmark lebih akurat dibandingkan dengan metode lain untuk menetapkan cut score mata pelajaran IPA dalam UN SD 2009. Penelitian ini menghasilkan panduan implementasi metode Standard Setting sesuai langkah-langkah dalam  metode Nedelsky, Angoff Ya/Tidak, Ebel dan Bookmark serta modifikasi metode Ebel-Bookmark.

Kontribusi dari hasil penelitian yang dikembangkan yaitu berupa panduan implementasi metode penetapan standar kelulusan di Sekolah Dasar dan memberikan kemudahan kepada guru serta sekolah dalam menetapkan standar kelulusan. Hasil Ujian Terbuka yang dibacakan Ketua Tim Penguji, Wardan Suyanto, Ed.D. menyatakan bahwa Sri Rejeki berhak menyandang gelar Doktor ke-170 di PPs UNY dan Doktor ke-109 di Prodi PEP dengan hasil “Sangat Memuaskan.” (Sinta)