Dr. Rohmat Teliti Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali meluluskan mahasiswa program doktoralnya. Hal tersebut dinyatakan dalam ujian terbuka dan promosi doktor pada hari Senin, 9 Juni 2014 di Aula PPs UNY dengan promovendus Rohmat, M.Pd. dari prodi Ilmu Pendidikan.

Dosen STAIN Purwokerto tersebut melakukan riset untuk menghasilkan karya disertasi berjudul “Tinjauan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthulab Cilacap”.

Dalam presentasinya, promovendus menyampaikan bahwa penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Nahdlatutthulab (MA MINAT) Cilacap ditinjau dari perspektif multikultural. Selain itu, promovendus juga ingin mengungkapkan nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam  pendidikan agama Islam di MA MINAT Cilacap, sikap guru pendidikan agama Islam dan siswa MA MINAT Cilacap terhadap implementasi pendidikan multikultural, serta kultur  MA MINAT Cilacap dalam pendidikan agama Islam berperspektif multikultural.

Promovendus mengemukakan bahwa jenis penelitian dibawah bimbingan Prof. Zamroni, Ph.D. (promotor) dan Prof. Achmad Dardiri, M.Hum. (co-promotor) adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan naturalistik dengan lokasi penelitian di MA MINAT Cilacap. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif yang terdiri dari empat alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan.

Sementara itu, hal terpenting dalam paparannya adalah hasil penelitiannya menunjukkan bahwa  pendidikan agama Islam di MA MINAT Cilacap mengacu pada kurikulum berdimensi multikultural. Nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam bahan ajar adalah persamaan hak, adil, toleransi, persaudaraan dan mengembangkan etika pergaulan. Sikap guru yaitu terbuka terhadap keberagaman bahasa dan budaya, serta menghargai karakter siswa dari beragam daerah. Sikap tersebut didukung pemaknaan multikultural menurut guru dan siswa tentang: makna persamaan hak, adil, toleransi, persaudaraan dan etika pergaulan. Sikap siswa telah memiliki pemahaman dan kompetensi kultural.

Siswa memberi makna adil adalah memberikan perlakuan yang sama antara ras dan latar belakang siswa MA MINAT Cilacap yang berbeda kultur, sedangkan persaman hak adalah penghargaan atas keragaman bahasa yang dimiliki oleh siswa. Kultur MA MINAT Cilacap dalam mendukung implementasi pendidikan multikultural adalah dapat dideskripsikan melalui pembiasaan: bahtsul masail (diskusi tentang masalah-masalah dalam Islam), silaturahmi, multilingual, berpeci dan berjilbab, perpaduan arsitektur Jawa dan Islam, makna logo MA MINAT Cilacap dan tata aturan madrasah yang mengakomodasi kesetaraan hak semua personel madrasah. 

Setelah memaparkan ringkasan disertasinya, promovendus mendapatkan saran, masukan dan pertanyaan berkaitan dengan penelitiannya. Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed. selaku pimpinan sidang ujian menilai bahwa promovendus dapat mempertahankan hasil penelitiannya dengan cukup baik. Berdasarkan hasil diskusi, tim penguji memutuskan promovendus lulus berhasil meraih gelar doktor kependidikan bidang Ilmu Pendidikan dengan predikat Sangat Memuaskan. Dr. Rohmat merupakan doktor lulusan PPs UNY ke 227 dan ke 30 pada prodi IP. (Rb)