Dr. Hanna Kembangkan Tes Kemampuan Musikal Anak

Kurang lengkap hidup seorang manusia apabila tanpa musik. Itulah pesan yang tersirat dalam presentasi yang disampaikan oleh Hanna Sri Mudjilah, M.Pd. Dosen Pendidikan Seni Musik FBS UNY ini memaparkan hasil penelitian disertasinya berjudul “Pengembangan Tes Kemampuan Musikal Anak” pada Ujian Terbuka dan Promosi Doktor PPs UNY pada Senin, 24 Maret 2014 di Aula PPs UNY.

Seiring perkembangan teknologi informasi dan entertainment, lagu dan musik di Indonesia juga berkembang pesat. Terlebih lagu-lagu pop dewasa. Tidak demikian pada lagu-lagu anak-anak yang kurang berkembang dan kurang mendapat perhatian sehingga berbeda dengan era tahun 70-an.

Dari latar belakang tersebut, Hanna melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran yang dapat untuk mengukur tingkat kemampuan musikal anak dan mengetahui karakteristik bentuk instrumen pengukuran yang dapat mengukur tingkat kemampuan musikal anak.

Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang mengembangkan tes yang dapat mengukur tingkat kemampuan musikal anak. Sebelum tes ini disusun, terlebih dahulu dilakukan studi terhadap beberapa tes yang telah ada. Tes yang dihasilkan telah melalui proses validitas dan reliabilitas. Validitasnya dicapai dengan validitas expert, dalam bentuk masukan-masukan  terhadap materi tes. Melalui kegiatan focus group discussion (FGD) para expert saling melengkapi dan memberikan masukan terhadap faktor-faktor yang dapat mengungkap kemampuan musikal. Hasil akhir dari prototype tes kemampuan musikal anak disepakati untuk mengungkap tiga kemampuan musikal yang diperlukan, yaitu membedakan, menirukan, dan merespon. Konsistensi antar rater dilakukan dengan penghitungan Cronbach Alpha dan program GENOVA dari Brennan.

Promovendus menyimpulkan bahwa bentuk tes kemampuan musikal anak ini berupa software yang bersifat interaktif yang skor penilainnya langsung dapat diketahui. Selain itu, karakteristik tes kemampuan musikal anak ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan tes-tes pada umumnya.

Hasil penelitian ini secara tentatif menunjukkan konsistensi inter-rater reliability dengan menggunakan Cronbach Alpha, dan program GENOVA, yang menyatakan bahwa tes kemampuan musikal anak yang dikembangkan itu reliabel. Adapun hasil konsistensi antar lima rater, pada tes kemampuan musikal anak dengan menggunakan penghitungan Cronbach Alpha maupun program GENOVA, menunjukkanr > 0.70, dapat disimpulkan bahwa tes kemampuan musikal anak yang dikembangkan tersebut reliabel, sehingga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan musikal anak.

Oleh tim penguji yang diketuai Prof. Dr. Muhyadi, promovendus dinilai dapat mempertahankan disertasinya dengan baik. Sehingga promovendus dinyatakan lulus dengan predikat Memuaskan. Dr. Hanna Sri Mudjilah merupakan doktor ke 215 di PPs UNY dan doktor ke 130 di prodi PEP.

Sebagai promotor, Prof. Kumaidi, Ph.D. mengucapkan selamat atas capaian prestasi akadmeik yang dicapai. Akhirnya perjuangan panjang yang pahit telah berbuah manis. Beliau berpesan bahwa capapin gelar doktor ini bukan merupakan akhir dari aktivitas studi tetapi merupakan langkah awal untuk mengabdi dan melakukan penelitian lebih lanjut. Selain itu, beliau berharap agar penelitian Dr. Hanna dapat disempurnakan dan dipublish serta diperjuangkan hak paten dan HAKInya. Selamat berkarya Dr. Hanna Sri Mudjilah. Semoga dapat memajukan almamaternya. (Rb)