Dr. Badraningsih Lastariwati Kembangkan EkRenFaTiHa

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dra. Badraningsih Lastariwati, M.Kes. berhasil lulus ujian terbuka promosi doktor S-3 Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Aula PPs UNY, pada Senin (29/09/2014).

Dr. Badraningsih Lastariwati tercatat sebagai doktor ke 246 yang dihasilkan PPs UNY dan ke-69 lulusan S-3 Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dengan promotor Prof. Pardjono, Ph.D. dan Co-Promotor Prof. Sukamto, Ph.D.

Promovendus berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul “Model Pembelajaran Kewirausahaan Produktif EkRenFaTiHa untuk Sekolah Menengah Kejuruan Program Studi Pariwisata Bidang Keahlian Tata Boga” dengan predikat Sangat Memuaskan. Ujian dipimpin Direktur Program Pascasarajana (PPs) UNY, Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. dengan sekretaris Dr. Putu Sudira serta penguji di antaranya Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela (penguji eksternal/UNESA Surabaya) serta penguji internal Prof. Dr. Moerdiyanto ditambah penguji yang juga promotor, dan co-promotor.

Lewat metode penelitian research & development dengan pendekatan Plomp, alumni S-1 IKIP Yogya tahun 1985 (Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga), S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (1997) ini mengambil lokasi penelitian di SMK 6 Yogyakarta dan SMK 1 Sewon Bantul.

"Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran kewirausahaan yang ada di lapangan, dalam existing model pembelajaran kewirausahaan di SMK ditemukan adanya fenomena bahwa durasi waktu pembelajaran kewirausahaan hanya dua jam pelajaran per minggu. Materi kewirausahaan yang diajarkan masih bersifat teori. Dengan demikian, masih diperlukan adanya model pembelajaran kewirausahan yang bisa memfasilitasi praktik kewirausahaan. Di sisi lain, SMK tata boga memiliki mata pelajaran produktif yang dimungkinkan untuk mendukung praktik kewirausahaan di SMK," ujar dosen dengan keahlian Sumber Daya Keluarga dan Kesehatan Masyarakat ini.

Selain itu, ujar Dr. Badraningsih L., hasil lain dari penelitiannya menunjukkan model pembelajaran kewirausahaan produktif dikembangkan melalui empat fase, yaitu: (a) fase investigasi awal, (b) fase perencanaan, (c) fase konstruksi (realisasi) dan validasi dan (d) fase uji coba dan revisi. Produk yang dihasilkan berupa model pembelajaran kewirausahaan produktif untuk SMK tata boga.

Lebih lanjut menurut wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Juni 1960 ini, model pembelajaran kewirausahaan produktif yang ia kembangkan sudah efektif dalam menciptakan nilai, sikap, dan perilaku kewirausahaan bagi siswa SMK  program studi  pariwisata bidang tata boga.

Sementara itu, sebagai promotor, Prof. Pardjono, Ph.D. mengucapkan selamat atas capaian gelar doktor kepada Dr. Badraningsih Lastariwati.”Akhirnya penantian dan keuletan usaha selama ini telah mencapai hasil yang dikehendaki”, ujar beliau.

“Capaian gelar doktor bukan akhir untuk berkarya. Namun sebagai langkah awal untuk bisa berprestasi dan menghasilkan karya-karya akademik yang bermanfaat bagi dunia pendidikan”, tutupnya.
Selamat kepada Dr. Badraningsih Lastariwati, M.Kes. atas capaian gelar doktornya. Semoga bisa membawa kemajuan bagi FT UNY. (Rb)