Dr. Akif Khilmiyah Kembangkan Model Penilaian Intrapribadi dan Antarpribadi

Dosen Tetap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dra. Akif Khilmiyah, M.Ag. dinyatakan lulus ujian terbuka dalam promosi doktor Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta pada Selasa (4/11) dengan predikat Sangat Memuaskan. Dengan demikian, bertambah lagi doktor lulusan prodi PEP PPs UNY.

Dosen pada prodi PAI ini sukses menyelesaikan disertasi dengan judul “Pengembangan Model Penilaian Keterampilan Intrapribadi dan Antarpribadi dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar” dengan promotor Sumarno, Ph.D., dan Prof. Darmiyati Zuchdi, Ed.D.

Akif Khilmiyah hendak mengidentifikasi kelemahan model penilaian pendidikan karakter di Sekolah Dasar, mengembangkan model penilaian  keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter  di Sekolah Dasar (P-KIA-SD) yang valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, dan mengembangkan panduan Model P-KIA-SD yang komprehensif.

“Saya melakukan penelitian menggunakan model research and development dari Plomp  dengan lima fase, yaitu: investigasi, desain, realisasi, tes, dan implementasi. Subjek penelitian yaitu  siswa kelas V SD di DIY.  Subyek  uji tahap pertama yaitu 54 siswa dari 2 SD, dan tahap kedua yaitu 464 dari 15 SD. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, observasi, dan FGD. Analisis data menggunakan: analisis deskriptif  kuantitatif dan kualitatif,  uji validitas dengan formula  Aiken’s V, uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha, uji validitas dan reliabilitas konstruk serta uji kecocokan model dengan EFA dan CFA,” ujar Akif di depan para penguji disertasinya.

Simpulan penelitian ini yaitu model penilaian untuk mendeteksi capaian pendidikan karakter di Sekolah Dasar adalah model evaluasi perilaku dan model monitoring akhlak siswa berbasis pelajaran Agama, kelemahan kedua model penilaian tersebut antara lain: penilaiannya bersifat mekanik, tidak komprehensif, belum menilai aspek kepribadian, dan tidak melibatkan siswa dalam penilaian.

Selain itu, konstruk Model P-KIA-SD terdiri atas aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaiannya komprehensif, dan instrumennya berbentuk  projective test, rating scale, dan cek list. Skala penilaiannya melalui kasus dilema moral, grading skills, dan performance assessment, Instrumen Model P-KIA-SD telah memenuhi validitas isi, dan reliabilitas, Model P-KIA-SD dinyatakan valid dan reliabel, dan memenuhi kriteria dalam pengujian kecocokan model (goodness of fit statistics).

Prosedur Model P-KIA-SD diawali dengan menjumlahkan semua hasil  penilaian self report siswa pada aspek penalaran, aspek perasaan moral dan hasil penilaian guru pada aspek perilaku moral. Hasilnya dinyatakan dalam kategori siswa yang perlu pembinaan dan pengayaan.

Akhirnya, “panduan Model P-KIA-SD dinilai komprehenshif, mudah, dan praktis oleh para guru selaku pengguna. Panduan Model P-KIA-SD dapat dipakai untuk mendeteksi capaian keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar,” tutupnya.

Turut hadir dalam ujian promosi doktor yang berlangsung di Aula PPs UNY, Guru Besar FAI UMY dan Pengurus PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. dan beberapa dosen FAI UMY. Dr. Hj. Akif Khilmiyah, M.Ag. tercatat sebagai doktor ke 254 di PPs UNY dan ke 150 pada prodi PEP. (Rb)