DOSEN INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN

.Direktur Pascasarjana UNY Prof. Dr. Marsigit, M.A. mendapat penghargaan sebagai Dosen Inovatif dalam Pembelajaran. Penghargaan ini diberikan dalam rangka Dies Natalis UNY ke-54, Senin (21/5/2018).

“Saya tidak mengetahui tentang pemberian penghargaan ini, karena memang tahun-tahun sebelumnya belum ada. Menurut saya ini pertama kali dan semoga tidak menjadi yang terakhir” Jelas Prof Marsigit. Beberapa inovasi pembelajaran yang dilakukan Prof Marsigit menjadi alasan penghargaan ini diberikan kepadanya. Diantaranya, pembuatan perangkat pembelajaran matematika SD berbasis Enomatematika dengan menggali etnomatematika dari konteks Candi Prambanan, Candi Borobudur dan Kraton Yogyakarta. Inovasi pembelajaran lainnya yaitu aktif mengembangkan lesson study di Jepang yaitu di Junior High School Student Aichi Attach School, lesson study di Thailand (Ubon achatani), Lesson Study Chian Mai, small group Discussion di Australia dan aktif memberikan pembelajaran melalui media blog yaitu http://powermathematics.blogspot.com dan melalui website pembelajaran yaitu http://uny.academia.edu/MarsigitHrd. Selain itu, Prof Marsigit juga aktif memberikan pembelajaran melalui media sosial seperti FB, WA, Telegram dan lain sebagainya.

Prof Marsigit sering menjadi pembicara seminar baik nasional maupun intenasional seperti di Uboachatani 2011, semnas pendidikan matematika etnomatnesia 2017 di Universitas Sarjana Tamanwiyata dan lain sebagainya.

“Adanya penghargaan ini akan menambah percaya diri dan semangat saya, murid-murid, partner dan khalayak inovatif pendidikan pada umumnya. Semoga motivasi dan semangat inovasi terus berkembang sehingga pada akhirnya akan tercipta atmosfer inovasi pembelajaran matematika”, ucap Prof. Marsigit.(Mariana)