Dosen dan Mahasiswa PPs UNY ikuti Konferensi Ilmiah Nasional Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) di UNESA Surabaya

Konferensi Ilmiah Nasional Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) kembali digelar. Kali ini Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menjadi tuan rumah perhelatan nasional tersebut. Sebanyak delapan dosen dan tiga mahasiswa PPs UNY turut serta menghadiri konferensi tersebut. Rangkaian kegiatan konfrensi dimulai dengan welcoming diner oleh Rektor Unesa di hotel Novotel, dilanjutkan dengan pembukaan konfrensi. Momen konferensi juga digunakan untuk melantik Unit Koordinasi Daerah baru yaitu Unit Koordinasi HEPI Jawa Tengah dan Lampung. Pada sesi panel menghadirkan dua pembicara handal di bidang evaluasi pendidikan yaitu, Guru Besar Unesa Prof. Toho Cholik Mutohir, Ph.D. dan Guru Besar UNY yang juga Dewan Penasehat HEPI, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.

Dalam paparannya, Prof. Toho Cholik menyampaikan bahwa HEPI harus berada di barisan terdepan dalam hal evaluasi pendidikan dan pengembangan instrumen-instrumen penelitian. Sementara itu, Prof. Djemari Mardapi menyampaikan pentingnya 8 standar nasional pendidikan sebagai tonggak untuk mewujudkan pendidikan nasional yang terstandar. Pada sesi pararel, dosen dan mahasiswa PPs UNY mempresentasikan hasil peneitian sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Konferensi tersebut juga merupakan sarana diskusi dan silaturahmi bagi praktisi-praktisi evaluasi pendidikan tak terkecuali bagi civitas akademik PPs UNY.  Para alumni PPs UNY turut hadir dalam perhelatan tersebut di antaranya, Prof. Dr. Budiono dari UNS, Prof. Dr. Mansyur dari Universitas Negeri Makassar, Dr. Lilik Sabdaningtyas dari Universitas Lampung, Dr. Wasis, Dr. Nanik Estidarsani, dan Dr. Triyanto dari Unnesa selaku tuan rumah, dan masih banyak lagi alumni dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan seperti ini merupakan program tahunan HEPI. Adapun tempat pelaksanaannya selalu berpindah-pindah di daerah yang telah terbentuk UKD HEPI atau daerah yang akan membentuk UKD yang baru. (Anggit P.)