Doktor Pascasarjana UNY dapat Dua Penghargaan DP2M DIKTI

Program Pascasarjana UNY kembali mengukir prestasi dalam bidang penelitian dimana dua penghargaan DP2M Dikti dapat diraih sekaligus dalam Seminar Hasil Penelitian Hibah Doktor di Hotel Sheraton Jakarta selama dua hari (21-22/9). Penghargaan yang disematkan kepada Dr. Haryanto, M.Pd., M.T. yaitu sebagai Juara Umum Penyaji dan Materi Terbaik dan Dr. Harun Rasyid sebagai Juara Lomba Poster. Seminar tersebut diikuti oleh 220 orang peserta yang berasal dari seluruh Program Pascasarjana yang menerima grant hibah disertasi dimana setiap Program Pascasarjana mengirim perwakilan 8 orang mahasiswa/alumni penerima hibah pasca. Program Pascasarjana (PPs) UNY mengirimkan 8 orang,wakilnya dengan rincian 4 orang dari UNY dan 4 orang dari luar UNY alumni PPs.

"Penggunaan Algoritma Logika Fuzzy untuk Pemilihan Butir pada Computerized Adaptive Testing (Cat)" menjadi judul yang dipilih Dr. Haryanto, M.T. pada seminar tersebut yang akhirnya membawa beliau meraih penghargaan sebagai Juara Umum Penyaji dan Materi Terbaik. Tujuan dari penelitian beliau yaitu untuk mengetahui kemampuan kerja sistem inferensi dalam memberi keputusan memilih butir-butir tes yang tepat untuk siswa dan mengetahui kemampuan kerja program CAT dengan algoritma logika fuzzy dalam mendeskripsikan kemampuan siswa. Perangkat lunak program CAT diperlukan dalam bidang pengukuran untuk membantu proses evaluasi guna mengetahui keberhasilan proses pembelajaran. Dengan menggunakan perangkat lunak program CAT, pengambilan keputusan hasil evaluasi terhadap kemampuan siswa menjadi lebih tepat. Penelitian yang menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) ini, terdiri dari dua bagian diantaranya, pengembangan program CAT dengan algoritma logika fuzzy dengan tahap-tahap tertentu dan pengujian produk program CAT dilakukan kepada siswa sekolah menengah atas (SMA) negeri 6 Yogyakarta kelas XII sebagai sampel.

Dalam penelitian tersebut dapat diperoleh bahwa berdasar hasil analisis data dari penerapan program CAT untuk pengujian kemampuan siswa menunjukkan bahwa sistem inferensi program CAT dengan algoritma logika fuzzy mampu memberikan butir-butir tes yang adaptif kepada siswa dengan tepat berdasar benar-salah respon jawaban yang diberikan dan kumpulan butir-butir tes hasil kerja program CAT yang diperoleh setiap siswa, dapat mendes-kripsikan dengan baik kemampuan masing-masing siswa. Secara keseluruhan kinerja program CAT menggunakan algoritma logika fuzzy mampu melaksanakan tugas dengan baik untuk pemilihan butir tes dan pengukuran kemampuan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian yang sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan lagi. Dalam hal ini, Direktur Program Pascasarjana UNY mengaku sangat bangga atas prestasi yang telah diraih para mahasiswanya yang telah meraih dua penghargaan sekaligus.