Diseminasi Hasil Studi Laboratorium Mahasiswa Dikdas Angkatan 2014

Mahasiswa Dikdas PPs UNY Angkatan 2014 telah melaksanakan kunjungan studi laboratorium ke beberapa tempat. Kelompok pertama, Dikdas Kelas A mengadakan studi lab. ke SD Green School di Gamping Sleman pada Senin, 23 Februari 2015 dan ke SD Islam Bani Hasyim, Malang pada hari Rabu, 25 Februari 2015. Dengan pendampingan Prof. Dr. Suhardi, para mahasiswa mendapatkan inrfomasi dan fakta proses pembelajaran yang berjalan di kedua sekolah tersebut.

Selanjutnya Dikdas kelas P2TK mengunjungi SD Tunjungsekar/ SD Brugge yang ada di Malang pada Sabtu, 28 Maret 2015. Mahasiswa didampingi oleh kaprodi, Dr. Muh. Nur Wangid, M.Si. berhasil menguak berbagai informasi dari sekolah yang pernah mendapat penghargaan Eco - Sekolah Award ASEAN 2012 ini.

Kelompok berikutnya Dikdas kelas B berkunjung ke SD Mutiara Bunda dan SD Alam Dago di kawasan kota Bandung pada hari Senin-Selasa, 23-24 Februari 2015. Kunjungan studi ini didampingi oleh Dr. Enny Zubaidah.

Yang terakhir Dikdas kelas C studi laboratorium ke Banyuwangi Islamic School (BIS) pada Sabtu, 31 Januari 2015 dan Green School Bali, Senin, 2 Februari 2015. Kelompok ini didampingi sekprodi, Dr. Ali Mustadi.

Untuk mensharekan hasil kunjungan tersebut, pada Jumat, 22 Mei 2015 prodi Dikdas mengadakan sebuah kegiatan yang dikemas dalam “Diseminasi Hasil Studi Laboratorium Mahasiswa Dikdas Angkatan 2014”. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat sharing pengalaman dan informasi hasil kunjungan studi laboratotium ke beberapa tempat di atas.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asdir I PPs UNY, Prof. Pardjono, Ph.D. Beliau berharap mahasiswa dapat memetik hasil yang maksimal dari diseminasi ini. “Yang membekas jangan hanya tournya saja. Tetapi yang lebih penting adalah studi labnya untuk memperkaya kajian teori dalam penyelesaian tesis”, harap beliau dalam sambutannya.

Selanjutnya dengan panduan sekprodi, Dr. Ali Mustadi, perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil kunjungannya. Mahasiswa yang hadir menyimak dengan seksama hal yang disampaikan temannya sehingga dapat memberikan tanggapan.

Dari pertemuan ini mahasiswa mendapatkan informasi dan pengalaman yang berbeda. Sebagai contoh pada pola pembelajaran dan pembentukan karakter siswa di SD Green School Gamping Sleman. Di sana tanpa pandang bulu baik siswa maupun guru dituntut untuk mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, meletakkan sesuatu pada tempatnya dan sebagainya.

Fakta unik lainnya adalah integrasi pendidikan agama ke dalam pelajaran umu di SD Bani Hasyim, Malang. SD Tunjungsekar Malang juga istimewa dengan mengajarkan siswanya tentang kecakapan hidup atau life skill, dan pendidikan karakternya dilaksanakan dengan sistem keteladanan.

Senada dengan Asdir I, pada akhir acara, Dr. Ali Mustadi berharap dari studi lab. ini dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk memperkaya kajian pustaka yang ada di Bab II pada karya tesis. “Minimal dari kunjungan itu dapat segera mengajukan usulan judul tesis dan segera diajukan ke prodi”, pungkasnya. (Rubiman)