Children’s Literature, Language Acquisition and Literacy

Selasa (1/10). Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta mendatangkan tamu dari Müenster University Jerman, Prof. Dr. Julianne Stude untuk menyampaikan materi dengan tema “Children’s Literature, Language Acquisition and Literacy”, yang dilaksanakan di Ruang Theatre lantai 3 Gedung Sugeng Mardiyono Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini dimoderatori oleh Wadir II PPs UNY, Dr. Dra Widyastuti Purbani, M.A. Selain diikuti oleh mahasiswa S2 pendidikan dasar, guest lecture kali ini juga diikuti oleh mahasiswa S2 pendidikan anak usia dini, S2 linguistik terapan serta S1 sastra inggris Universitas Negeri Yogyakarta.

Julianne menyampaikan 3 poin utama yaitu perkembangan literasi, mekanisme penguasaan bahasa – persoalan interaksi, serta sarana menuju literasi melalui bacaan anak. Dalam pembahasannya, beliau menekankan betapa pentingnya literasi serta upaya memulainya sejak anak usia dini. Hal ini membutuhkan peranan orang tua dalam membangun literasi pada anak serta pendidikan dasar untuk memfasilitasi pengalaman literasi anak melalui bacaan, gambar, serta budaya literasi. Dalam fungsi ini diperlukan fasilitas penunjang yakni media buku cerita bergambar serta cara penyampaian yang efektif melalui interaksi dan komunikasi.

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pertanyaan oleh mahasiswa. Sesi pertanyaan berlangsung dengan interaktif dan mahasiswa memberikan pertanyaan yang beragam. Guest lecture kali ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kita sebagai calon pendidik akan pentingnya literasi serta upaya untuk membangun budaya literasi pada anak. (dod/ant)