Blended Learning Unggulan Prodi TP PPs UNY

TP PPs UNY kembali menerima kunjungan dari Program Magister Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Lampung. Sebanyak 54 mahasiswa Program Magister Teknologi Pendidikan UNILA beserta 4 dosen pendamping mahasiswa, tiba di kampus PPs UNY pada Rabu, 4 April 2012 pukul 09.00 WIB. Acara penerimaan kunjungan tersebut dihadiri oleh Asisten Direktur I Prof. Dr. Djukri, M.S., Kaprodi TP PPs UNY Herman Dwi Surjono, Ph.D beserta seluruh mahasiswa TP PPs UNY angkatan 2011. Dalam sambutannya Prof. Djukri, M.S. memaparkan bahwa program penerimaan kunjungan ini merupakan wujud dari sistem budaya sinergis yang dilakukan PPs UNY serta sebagai salah satu cara untuk lebih mengenalkan PPs UNY pada lembaga lain.

Acara tersebut dibagai dalam 2 sesi, yang pertama adalah sharing dan tukar pendapat antara dua universitas dan yang kedua adalah kampus tour. Ajang sharing dan tukar pendapat diharapkan dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang dapat berguna bagi kedua kampus khususnya dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran dan sumber untuk belajar.

Dalam ajang sharing Kaprodi TP dibantu dengan beberapa mahasiswa TP PPs UNY memberikan penjelasan mengenai strategi pembelajaran di TP PPs UNY yang menerapkan blended learning dengan kurikulumnya yang fokus dalam desain pembelajaran dan pembelajaran berbasis komputer. Namun, dengan demikian tidak lantas mengesampingkan bidang garapan TP yang lain, karena menurut TP PPs UNY menyelenggarakan pendidikan yang fokus akan menghasilkan output dan outcomes yang memiliki daya saing tinggi. Dalam sesi presentasi mahasiswa TP PPs UNY juga memberikan presentasi mengenai kegiatan mahasiswa yang dilakukan di dalam maupun di luar PPs UNY dan menampilkan produk pembelajaran berupa CD interaktif karya mahasiswa dan contoh blended learning yang sudah diterapkan oleh dosen TP PPs UNY.

Selanjutnya Kaprodi S2 TP UNILA Dr. Adelina Hasyim mengemukakan bahwa Program Magister Unila lebih memfokuskan diri pada pendidikan luar persekolahan dan home schooling, bidang garapan tersebut menjadi fokus karena dianggap kebutuhan akan pendidikan non persekolahan banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.  Diskusi topik dan sharing pendapat tersebut sangat menarik sehingga banyak mahasiswa dari kedua universitas ikut memberi komentar.

Acara dilanjutkan dengan kampus tour dengan rute laboratorium TP PPs UNY, gedung perkuliahan, laboratorium komputer, Perpustakaan PPs UNY, Museum Pendidikan. Acara kampus tour tersebut mahasiswa S2 TP UNILA dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok berjumlah 10-11 orang. Setiap kelompok mahasiswa didampingi oleh 2 pemandu mahasiswa TP PPs UNY. Pada pukul 13.00 WIB berakhirlah acara kampus tour, dengan berakhirnya acara tersebut kegiatan kunjungan Program Magister TP UNILA ke PPs UNY berakhir pula. (Emy)