BERI KEMUDAHAN BAGI MAHASISWA SEMESTER AKHIR, SEMUA LAYANAN AKADEMIK ONLINE

SENIN (06/04) | Dengan pertimbangan masih berlangsungnya kondisi tanggap darurat bencana Corona Virus Disease-19 (Covid-19), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan layanan khusus bagi mahasiswa semester akhir dan yang akan lulus di semester genap 2019. Layanan tersebut berupa bimbingan tugas akhir secara online; ujian tugas akhir secara online; syarat lulus ProTEFL, bebas perpustakaan, dan pinjaman wirausaha mahasiswa dapat dipenuhi belakangan sebelum wisuda. Di samping itu UNY juga memberikan bantuan paket data kepada mahasiswa aktif untuk mendukung study from home (SFH).

Layanan akademik khusus bagi mahasiswa semester akhir dan yang akan lulus di semester genap 2019 ditetapkan melalui Surat Edaran No 8/SE/2020 tentang Layanan Akademik pada Masa Tanggap Darurat Bencana Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Universitas Negeri Yogyakarta, sedangkan bantuan paket data melalui Pengumuman Nomor B/417/UN34/KM.01/2020 tentang pemberian bantuan paket data kepada mahasiswa. Melalui layanan khusus ini dan bantuan paket data ini, Prof. Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY berharap kegiatan akademik dapat berlangsung dengan lancar dan mahasiswa memperoleh capaian yang optimal mekipun dalam wabah covid-19.

“Melalui layanan khusus ini, mahasiswa dapat terus mendapatkan layanan akademik, penyelesaian tugas akhir, yudisium, dan mendaftar wisuda. Sehingga memberikan kemudahan bagi yangg akan selesai semester genap ini tetapi terkendala covid-19,” ungkap Sutrisna melalui media sosialnya.

Kuliah Online Tetap Sampai 30 April Sesuai Instruksi Rektor

Melalui layanan khusus tersebut, ujian dapat dilakukan menggunakan video call atau media lainnya. Khusus untuk mahasiswa jenjang S2 dan S3, sebelum ujian secara online harus lolos penilaian tugas akhir. Layanan bebas perpustakaan dilayani secara online lewat email library@uny.ac.id.

“UNY sudah lama memiliki aplikasi e-Learning BeSmart untuk kuliah, dan aplikasi online untuk bimbingan tugas akhir dan aktivitas akademik lainnya. Sehingga, kuliah online, bimbingan skripsi, dan ujian tugas akhir tetap dapat berlangsung meskipun dalam kondisi darurat covid-19” ungkap Sutrisna.

Bagi mahasiswa yang akan mendaftar yudisium dan wisuda, seluruh pendaftaran dapat dilakukan secara online. Yaitu melalui sistem yudiwis.uny.ac.id untuk pendaftaran yudisium dan wisuda, dan eservice.uny.ac.id untuk memantau pemrosesan ijazah, transkrip nilai, dan/atau akta mengajar.

Ujian kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan internal kampus (ProTEFL) sebagai syarat mengikuti ujian skripsi, pengembalian pinjaman para manahasiswa wirausaha, dan pengembalian buku perpustakaan, juga dapat ditunda mahasiswa hingga sebelum wisuda. Pengembalian buku dan pinjaman yang terlambat tersebut tidak akan dikenakan denda.

“Jadi mahasiswa bisa ujian tugas akhir dan mendaftar yudisium/wisuda terlebih dahulu. ProTEFL (Ujian Bahasa Inggris) dan pengembalian buku perpustakaan dapat dilakukan di lain hari ketika situasi sudah kondusif,” imbuh Sutrisna.

Sedangkan kuliah online, tetap sampai 30 April sesuai Instruksi Rektor Nomor 1 Tahun 2020.

Kuota Gratis, Dibayar Oleh Universitas

Kuota gratis untuk mahasiswa, yang diberikan oleh operator seluler melalui program ilmupedia hingga 17 April 2020, juga akan diperpanjang hingga pelaksanaan studi from home berakhir. Mahasiswa cukup mendaftarkan nomor HP melalui laman si-c3.uny.ac.id/mhs untuk memperoleh kuota tersebut.

Nantinya, pihak universitas akan membayarkan langsung biaya paket data tersebut kepada operator seluler dalam skema kerja sama. Satu mahasiswa hanya dapat mendaftarkan satu nomor HP. Operator yang didukung antara lain Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Bantuan paket data akan diberikan selama pelaksanaan program pembelajaran dari rumah. “Dengan dibuatnya kebijakan ini, kami ikhtiar sekaligus mendoakan agar semua civitas selalu dilindungi kesehatannya, sembari tetap dapat melakukan aktivitas belajar mengajar secara optimal,” pungkas Sutrisna.

(Ilham Dary A)