Bakti Sosial Prodi PEP dan PMat S2

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu elemen tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dengan mengadakan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial inilah yang dilakukan oleh Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) S2 dan Pendidikan Matematika (PMat) S2 Program Pascasarjana UNY. Kedua Prodi tersebut bekerjasama untuk mengadakan kegiatan bakti sosial pada hari Sabtu, 21 Maret 2015 di Pondok Tahfidz An-Nahl Pandeyan, Yogyakarta.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri atas santri Pondok Tahfidz An-Nahl, dosen, mahasiswa PEP dan PMat S2, serta masyarakat sekitar pondok tersebut. Para peserta sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan bakti sosial ini. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.30 WIB dan berakhir pada pukul 17.30 WIB.

Bentuk kegiatan bakti sosial ini yaitu pemberian bantuan dan pelatihan bagi masyarakat, khususnya santri pondok dan masyarakat sekitar. Adapun bantuan yang diberikan berupa uang, pakaian layak pakai, dan bibit pohon untuk di tanam di pondok tersebut. Pada kesempatan itu juga diadakan pelatihan kewirausahaan yang terbagi menjadi dua sesi. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan semangat berwirausaha bagi para peserta.

Pada sesi pertama, para peserta diberi pelatihan pembuatan detergen matic. Pelatihan ini dipandu oleh Bapak Jumarudin dari Koperasi Pengusaha Muslim Yogyakarta. Detergen matic yang dihasilkan harganya lebih murah dan kualitasnya juga tidak kalah daripada detergen di pasaran.

Pada sesi kedua, para peserta diberi pelatihan kewirausahaan dengan tema “Menjadi Wirausaha yang Sukses”. Pembicara pada pelatihan ini yaitu Bapak Tejo Nurseto, M.Pd., yang juga merupakan dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Ada tiga tips untuk menjadi wirusaha yang sukses yaitu: think, fokus dan memiliki goal yang jelas; feel, rasakan goal-nya sudah tercapai, dan act, mulailah melakukan apa yang diinginkan. Setelah pelatihan selesai, diadakan penanaman bibit pohon di lingkungan pondok tersebut. (Eka)