Asah Kecendekiaan, Mahasiswa PPs UNY Asal Burundi Menjadi Relawan Mengajar KMP UNY 2016

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY melaksanakan kegiatan Kelas Berbagi pada Sabtu (26/3/2016) di SD Negeri Serut Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Kendati dilaksanakan pada hari terakhir UTS (Ujian Tengah Semester), kegiatan ini mendapatkan respon yang positif oleh para guru dan peserta didik. Kegiatan mengajar diawali dengan membagikan makanan bergizi kepada peserta didik sekaligus perkenalan dengan relawan mengajar.

Para relawan ini menyampaikan materi yang telah dipersiapkan sepekan yang lalu. Konten materi yang diajarkan meliputi pengembangan diri dan keterampilan, seperti membuat kerajinan dari barang bekas, membuat roket air, menyusun puzzle, bahasa Inggris, dan kesadaran terhadap lingkungan.

Dari 14 orang relawan yang mengajar, salah satunya merupakan mahasiswa asing asal negara Burundi, sebuah negara di benua Afrika. Nama relawan tersebut adalah Oscar Ndayizeye, mahasiswa PPs jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2015. Satu tim bersama Ermansah dan Dita Kristanti dalam mengajar di kelas VI. Oscar mengambil bagian untuk mengajar materi Bahasa Inggris. Kehadiran Oscar pada kegiatan Kelas Berbagi menjadi pusat perhatian bagi para siswa. Namun hal tersebut tidak membuat Oscar canggung untuk berbaur dengan siswa.

Relawan yang lain pun merasa senang dapat terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat KMP UNY. “Menyenangkan.” begitu jawaban Ratna Fitriyani, mahasiswi Bimbingan Konseling 2015, ketika ditanya tentang kesannya selama mengajar. Dari pihak sekolah pun berterima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh KMP UNY yang disampaikan oleh Pak Tohari selaku Kepala SD Negeri Serut.

Selain mengajar dan membagikan makanan bergizi kepada siswa, disaat yang sama KMP UNY melakukan interview kepada siswa, orang tua siswa, dan pihak sekolah terkait pentingnya pendidikan di Desa Serut.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian Bakti Desa KMP UNY yang perdana dan akan berlanjut esok Minggu (27/3/2016) dengan pelatihan pembuatan pupuk bagi warga. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah Desa Serut, SD Negeri Serut, relawan, donatur, dan pihak lainnya yang berpartisipasi dalam menyukseskan agenda ini.” ujar Anwaril Hamidy selaku korlap kegiatan.
Bagi civitas akademika yang ingin berpartisipasi dalam bentuk donasi dapat di transfer melalui rekening Bank Mandiri Syariah 7096896508 an Dwinda Nurningsih. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Anwaril Hamidy (081347076592) atau langsung ke sekretariat KMP UNY. (HUMAS KMP UNY)