Asa Menuju Keunggulan Prodi S-2 Psikologi PPs UNY

Akreditasi merupakan salah satu aspek yang menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi yang akan digelutinya. Di samping untuk mengetahui kualitas program studi yang dipilih, juga menjadi salah satu penunjang kesuksesan mahasiswa dalam bidang layanan akademik. Selain itu, akreditasi juga menjadi unsur persyaratan ketika akan memasuki dunia kerja atau studi lanjut ke jenjang pendidikan berikutnya.

Dalam menanggapi realita ini, pengelola Program Pascasarjana UNY khususnya program studi S2 Psikologi berusaha menjaga kualitas keunggulan prodinya. Setelah mendapatkan jaminan terakreditasi oleh BAN PT pada akhir tahun 2015 lalu, Ibu Yulia Ayriza, Ph.D. selaku kaprodi Magister (S-2) Psikologi, didukung oleh tim belum berpuas diri dan bertekad untuk meraih penilaian yang lebih baik lagi. Atas dorongan dari pimpinan UNY dan PPs, tim terus bekerja menyusun borang akreditasi dan pada Maret 2017 memberanikan diri mengajukan re-akreditasi ke BAN-PT.

Untuk dapat mengajukan re-akreditasi, seluruh pengelola prodi mulai dari kaprodi, tim pengembang, dosen pengampu, dan mahasiswa bahu membahu memperbarui borang akreditasi edisi 2015 dengan data yang uptodate. Berbagai usaha dilakukan mulai dari Sanctioning Visi, Misi, dan Kurikulum, peninjauan kurikulum, guest lecture, workshop penulisan karya ilmiah, pubilkasi artikel ke jurnla, dan sebagainya. Semua itu tak lain sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas program studi dari berbagai hal sehingga status akreditasi dapat ditingkatkan.

Setelah melalui beberapa proses termasuk desk evaluation, akhirnya pada Sabtu, 23 September 2017 BAN-PT mengirim utusan untuk menilai dari dekat kualitas prodi S2 Psikologi PPs UNY. Asesor yang melakukan field assessment tersebut adalah Dr. Nanik Prihartanti, M.Si., dan Dr. H. M. Ramli, MA. Keduanya disambut langsung oleh pimpinan UNY dalam hal ini Wakil Rektor (WR) I, WR II, Direktur PPs UNY, Asdir I, dan Tim Penjaminan Mutu.

Selanjutnya, setelah seremonial penyambutan selesai, asesor langsung melakukan verifikasi terhadap isi borang institusi dalam hal ini Program Pascasarjana selaku penyelenggara prodi Psikologi. Informasi terbaru yang mungkin belum tertuang dalam borang, disampaikan secara jelas oleh Direktur dibantu oleh Asdir I, dan Penjaminan Mutu. Data dan informasi tersebut antara lain usaha untuk mewujudkan visi PPs UNY yang unggul di Asia Tenggara yaitu, meningkatkan kegiatan visiting profesor, kerjasama penelitian dengan PT luar negeri seperti UoA New Zealand, mensupport dosen dan mahasiswa untuk menjadi presenter dalam seminar di luar negeri. Selain itu, untuk meningkatkan skill bahasa Inggris mahasiswa, di semester  satu wajib mengikuti dan lulus mata kuliah Bahasa Inggris.

Sementara itu, mengacu kepada Peraturan Rektor UNY No. 18 Tahun 2017 tentang Pedoman Tesis dan Disertasi, bahwasanya mahasiswa yang akan yudisium wajib publikasi artikel penelitiannya di Jurnal dengan berbagai ketentuan. Untuk membekali mahasiswa yang akan  mempublish artikelnya di  jurnal, maka secara rutin PPs UNY mengadakan workshop penulisan artikel yang akan publish di Jurnal.

Tahapan visitasi selanjutnya adalah verifikasi borang prodi,  langsung ditanggapi oleh kaprodi Ibu Yulia Ayriza, Ph.D., yang mendapatkan support penuh dari mahasiswa dan dosen pengampu. Proses penilaian borang prodi secara umum berjalan lancar karena berhasil ditunjukkan bukti fisik yang diminta asesor untuk menyesuaikan dengan informasi yang tertuang dalam borang. Untuk melengkapi informasi yang diperlukan dalam lembar penilaian, kedua asesor juga melakukan interview kepada mahasiswa, dosen, alumni, dan tenaga kependidikan. Selain itu, sempat road show untuk melihat secara langsung sarana prasarana seperti ruang kuliah, perpustakaan, lab. Komputer, dan lab. Psikologi. (Rubiman). .