Animo Masuk PPs UNY Meningkat

Animo masuk Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta masih tinggi. Hal ini terlihat dari pendaftar yang berjumlah 539 pada gelombang 2. Dari jumlah tersebut, peserta yang mengikuti ujian masuk pada hari Minggu, 13 April 2014 di PPs UNY sebanyak 506 peserta yang terdiri atas 475 untuk jenjang Magister (S2) dan 31 jenjang Doktor (S3).

Ada hal yang berbeda pada ujian kali ini, yaitu dengan pemakaian Lembar Jawab Komputer (LJK) sesuai arahan dan masukan pimpinan UNY pada saat ujian gelombang 1. Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah koreksi dengan hasil yang akurat.

Masih seperti pada gelombang pertama, ujian tulis berisi soal pilihan ganda terdiri atas Tes Bakat Akademik dan Tes Bahasa Inggris. Setiap mata ujian calon mahasiswa diberikan waktu 120 menit. Untuk jenjang S-2 hanya mengerjakan ujian tulis saja, sedangkan bagi jenjang S-3 ditambah dengan ujian wawancara.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., berkenan meninjau pelaksanaan ujian yang didampingi oleh Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, dan Wakil Rektor IV. Dalam tinjauan tersebut, Rektor yang menyempatkan diri berkeliling ruang ujian menyambangi peserta menilai pelaksanaan ujian berjalan lancar. Rektor dan pimpinan UNY lainnya memberikan masukan kepada pimpinan PPs agar meningkatkan kualitas soal ujian. Untuk jenjang doktor (S3) khususnya prodi IPB konsentrasi Bahasa Inggris hendaknya full berbahasa Inggris. Begitu juga pada saat wawancara juga berbahasa Inggris.

Setelah melaksanakan ujian tulis, calon mahasiswa jenjang S3 mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh kaprodi masing-masing. Poin yang diujikan dalam wawancara ini antara lain judul disertasi, permasalahan yang diangkat, latar belakang pendidikan S-2, kondisi pekerjaan dan keluarga, kemampuan mengatur waktu dan target penyelesaian studi S-3. Sehingga diharapkan hasil wawancara ini menjadi landasan gerak langkah mahasiswa dalam penyelesaian studi S-3 mereka. (Rb)