Alumni Magister Agama, Raih Doktor PEP PPs UNY

Amir Syamsudin, M.Ag., dosen PAI UNY, berhasil meraih berkat keberhasilannya mempertahankan disertasinya yang berjudul “Model Penilaian Afektif Siswa Sekolah Dasar”. Ujian terbuka dan promosi doktor tersebut dihelat pada Jumat, 19 Juni 2015 di Aula Program Pascasarjana UNY.

Alumni magister Agama dan Filsafat UIN Suka Yogyakarta ini, mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif siswa sekolah dasar untuk mengukur nilai-nilai sosial siswa sekolah dasar selama proses pembelajaran di sekolah. Pengembangan instrumen penilaian afektif ini dimaksudkan supaya guru kelas dapat menilai unsur afektif nilai-nilai sosial siswa secara objektif.

Lebih lanjut, promovendus mengutarakan bahwa penelitian ini menggunakan pendekatan model pengembangan dari Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 5 tahapan. Tahap pertama melakukan analisis kebutuhan, tahap kedua pengembangan bentuk produk awal, tahap ketiga pengembangan instrumen penilaian afektif, tahap keempat pelaksanaan pengembangan, dan tahap kelima diseminasi dan implementasi.

Hasil penyusunan definisi konseptual, definisi operasional, dan indikator yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan kajian teori, kemudian dimintakan pendapat ahli psikometri, ahli evaluasi, ahli ilmu sosial, dan ahli bahasa Indonesia tentang kecukupan informasi mengenai konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dari instrumen afektif yang dikembangkan melalui proses Expert Judgement.

Dalam penelitian ini melibatkan subjek siswa sekolah dasar yang melaksanakan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014 yakni SDN Pujokusuman, SDIT Lukman al-Hakim, SDN Lempuyangwangi, SDN Tegalrejo, dan SDN Glagah kota Yogyakarta. Penentuan validitas dan reliabilitas masing-masing konstruk dari instrumen afektif menggunakan progam analisis SEM PLS Wrap PLS 3,0.

Dalam melakukan penelitian, pria kelahiran Ciamis ini dibimbing oleh promotor,   Prof. Dr. Budiyono (UNS) dan Prof. Dr. Sutrisno (WR I UIN Suka). Walaupun seorang alumni agama dan filsafat, tetapi telah dapat menghasilkan penelitian penilain dengan hasil antara lain, konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada uji coba terbatas, inti, dan diperluas telah didukung oleh data empirik. Selain itu, validitas konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada uji coba terbatas, inti, dan diperluas telah memenuhi kriteria di atas 0,70 untuk masing-masing skor loading factor dan kriteria di bawah 0,50 untuk masing-masing skor cross-laoding factor.

Selanjutnya, reliabilitas konstruk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri pada uji coba terbatas, inti, dan diperluas telah memenuhi kriteria di atas 0,70, baik untuk skor composite reliability maupun skor Cronbach’s alpha. Jumlah indikator hasil kajian teori sebanyak 53 indikator, kemudian gugur 10 indikator menjadi 43 indikator pada uji coba terbatas, kemudian gugur lagi 4 indikator menjadi 39 indikator pada uji coba inti, dan kemudian gugur lagi 1 indikator menjadi 38 indikator pada uji coba diperluas.

Setelah dengan gigih menanggapi masukan, pertanyaan, dan saran tim penguji yang dipimpin oleh Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed., promovendus diberikan gelar doktor kependidikan dalam bidang PEP. Tercatat Dr. Amir Syamsudin merupakan doktor ke 277 yang telah diluluskan oleh PPs UNY. (Rubiman)