4th International Seminar on Science Education

Telah dilaksanakan 4th International Seminar on Science Education dengan tema “Emphasizing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Science Education for Supporting 21st Century Skills Standard”. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk membentuk suasana akademik baik bagi mahasiswa maupun dosen, dan untuk memberikan fasilitas kepada praktisi khususnya dalam bidang Pendidikan Rumpun Sains dalam melakukan publikasi ilmiah. “Secara Keseluruhan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mengilustrasikan bagaimana mengkombinasikan Sains, Teknologi, dan Pendekatan pengajaran secara tepat”, terang Prof. Muammer Calik, Ph.D. pembicara utama dalam seminar ini.

 

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan IPA, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 13 Oktober 2018 pukul 08.00 - 17.00 WIB di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY. Masih dalam rangkaian agenda seminar, diadakan empat agenda kuliah tamu. Tiga kuliah tamu diadakan pada Jum’at, 12 Oktober 2018 dan satu lainnya diadakan pada Senin, 15 Oktober 2018.

Seminar ini diikuti oleh 122 Presenter, 7 Co-Author dan 125 Participant yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Menghadirkan 5 pembicara, yaitu Prof. Muammer Calik, Ph.D dari Trabzon University Turki sebagai keynote speaker, Assoc. Prof. Khajornsak Buaraphan, Ph.D dari Mahidol University Thailand sebagai invited speaker, Prof. Nobuyoshi Koga, Ph.D.-CSc. dari Hiroshima University Jepang sebagai invited speaker, Dr. Mark Woodward, Ph.D. dari Arizona State University Amerika sebagai invited speaker dan Prof. Dr. IGP Suryadarma, MS. Dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai invited speaker.

Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. selaku Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam sambutannya, Bapak Sutrisna menyampaikan terkait harapannya agar kegiatan seminar internasional seperti ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh mahasiswa rumpun sains, khususnya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Selanjutnya, Prof. Muammer Calik, Ph.D menyampaikan materi bertopik “Emphasizing TPACK for Science Teacher in Supporting 21st century Skills. Pembicara kedua, Assoc. Prof. Khajornsak Buaraphan menyampaikan materi bertopik “Emphasizing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) In Science Education for Supporting 21th Century Skills Standards. Pembicara ketiga, Prof. Nobuyoshi Koga, Ph.D.-CSc. menyampaikan materi bertopik “Laboratory Teaching/Learning in Chemistry for Promoting STEM Education for Next Generation.” Pembicara keempat, Dr. Mark Woodward, Ph.D menyampaikan materi bertopik “Science Education: Technological and Epistemological Challenges in the United States and Indonesia” dan pembicara kelima Prof. Dr. IGP Suryadarma menyampaikan materi bertopik “Backward Approach Based Uniqueness of Each Ethnic”.Acara ISSE ke 4 ini ditutup dengan pemberian plakat pada kelima pembicara beserta dua moderator yang memandu jalannya acara panel seminar. Selanjutnya pemberian sertifikat kepada 15 Presenter terbaik dari masing-masing ruang di seminar paralel, dan pemberian souvenir kepada 12 Participant yang mengajukan pertanyaan kepada Pembicara saat seminar berlangsung.Seminar ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi praktisi untuk meningkatkan publikasi ilmiah khususnya dalam bidang Pendidikan Rumpun Sains. Selain itu, seminar ini dapat menjadi wadah memperoleh informasi penting tentang pengajaran, evaluasi pembelajaran dan metode Pendidikan Rumpun Sains dari pakar-pakar pendidikan yang dihadirkan. Informasi yang melimpah ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan calon pendidik ataupun pendidik dalam menerapkannya pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Seminar ini juga diharapkan menjadi langkah inovatif untuk mengembangkan Pendidikan di Indonesia dalam rangka menyiapkan skill generasi muda pada abad ke-21. (Linda Permata Sari)