The 1st Mini Conference Pendidikan Ekonomi PPs UNY dan IUKL, Malaysia

(4/10) Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Jurusan Pendidikan Ekonomi PPs UNY dan Faculty of Business and Accounting Infrastructure University Kuala Lumpur (IUKL) menjadi awal kerjasama antara kedua intansi ini. Kerjasama yang tercantum dalam MoU tersebut meliputi Join Research dan Mini Conference, serta kegiatan akademik lainnya. Untuk kegiatan join research sampai saat ini masih berlangsung pada tahap pengolahan data, sedangkan untuk kegiatan Mini Conference berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2018 bertempat di Perpustakaan IUKL, Malaysia.

Sebanyak 31 mahasiswa Pendidikan Ekonomi PPs UNY angkatan 2017 terbang ke Negeri Jiran, Malaysia untuk menghadiri undangan mini conference tersebut. Kegiatan ini di bawah bimbingan Prof. Sukidjo, M.Pd (kaprodi) dan Bapak Setyabudi Indartono, Ph.D (dosen). Sebanyak 31 artikel telah disiapkan untuk dipresentasikan dihadapan dosen dan mahasiswa di IUKL. Adapun judul artikel yang disampaikan meliputi tema besar pada bidang ekonomi, bisnis, UMKM, dan e-commerce.

Prof. Sukidjo selaku Kaprodi Pendidikan Ekonomi PPs UNY mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah awal dalam membuka jaringan kerjasama Pendidikan Ekonomi PPs UNY dengan institusi yang ada diluar negeri. Harapannya kita bisa mengadakan mini conference setiap tahunnya.

Output yang dihasilkan dalam kegiatan mini conference akan terjalinnya join research antara mahasiwa Pendidikan Ekonomi PPs UNY dengan dosen di IUKL dan sebaliknya. “Nantinya hasil kolaborasi tersebut akan menghasilkan artikel yang berpeluang besar dapat diterbitkan pada jurnal internasional terindeks scopus dikarenakan artikel yang melibatkan dua institusi dan dua Negara”, ujar Setyabudi.

Salah satu persenter mengungkapkan “Selain belajar menulis artikel bersama, mini conference ini dapat menambah wawasan pengetahuan serta rasa percaya diri untuk bisa presentasi dihadapan dosen dan mahasiswa luar negeri” ungkap Dibyo. [dwgt]