“Menjaga Ibu Pertiwi” Bersama PPS UNY Progam Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2014

Kulihat ibu pertiwi Sedang bersusah hati
Air matamu berlinang
Mas intanmu terkenang
Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang lara
Merintih dan berdoa

Potongan lirik lagu yang mengingatkan kita bahwa bumi ini bukan hanya miliki kita seorang tapi merupakan titipan anak cucu kita kelak sehingga dengan cara apakah kita menjaga warisan ini, sedangkan hampir semua kegiatan yang kita lakukan berdampak pada pencemaran lingkungan. Hal ini tentu sangat membahayakan bumi atau “Ibu Pertiwi” sebagai tempat tinggal manusia dan mahluk hidup lainnya. Menjaga bumi bukan permasalah tugas siapa, kapan, bagaimana dan dimana, tapi lakukan dengan senang hati dan semangat.

Sebagai bentuk simpati terhadap keadaan bumi khususnya lingkungan wisata pantai yang merupakan suatu anugerah yang di berikan Sang Pencipta dan tempat banyaknya para wisatawaan baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai peringatan hari Bumi atau dikenal juga dengan Earth Day pada tanggal 22 April 2015, maka mahasiswa Progam Studi Pendidikan Geografi PPs UNY menyelenggarakan  agenda Earth Day “Peduli Lingkungan Wisata Pantai” yang dilaksanakan pada tanggal 26 April 2015. Kegiatan ini dimotori oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Geografi PPs UNY angkatan 2014. Sumber dana berasal dari Donatur dosen dan mahasiswa PPs UNY (penggalangan dana dengan kotak berkeliling), dan kas kelas Pendidikan Geografi PPs UNY.

Acara Earth Day diselenggarakan di kawasan wisata Pantai Depok. Adapun yang menjadi alasan kami memilih Pantai Depok karena Pantai depok merupakan perpaduan antara wisata alam dan wisata kuliner, selain melihat keindahan alam di pantai ini juga tersedia sejumlah warung-warung tradisional dengan menu makanannya seperti sea food segar. Namun Sejumlah wisatawan akhir-akhir ini mengeluhkan banyaknya sampah di Pantai Depok. Keluhan itu tersebut cukup beralasan lantaran sampah yang menghampar di tepi pantai sisi barat cukup banyak. Wisatawan berharap sampah segera ditangani untuk menciptakan rasa nyaman bagi pengunjung.

Acara ini dibuka oleh Kepala Progam Studi Pendidikan Geografi PPs UNY Ibu Dr. Muhsinatun Siasah Masruri, M.Pd dan diikuti oleh 8 mahasiswa Pendidikan Geografi dan 3 mahasiswa IPS (konsenrasi Pendidikan Geografi). Jenis kegiatan dalam acara Earth Day adalah bersih-bersih pantai dan pengadaan tempat sampah berjumlah 5 tong sampah yang terbuat dari bis beton/semen. Peletakan bis beton dilakukan di berberapa titik yang sudah di tentukan yaitu di depan pintu masuk terdapat dua bis beton karena melihat banyaknya sampah di depan pintu masuk, di sebelah timur dan barat terdapat satu buah. Selain itu dilakukan juga pembersihan pantai dari timur sampai barat pinggir pantai. Acara Earth Day didukung oleh Kepala Desa Parangtirtis, Dukuh Depok dan sambutan oleh ketua TPI Pantai Depok, para wisatawan dan pedagang yang berjulan di sekitar pantai.