“Citizenship Peduli” Bersama Prodi PPKn S2 Angkatan 2014

Sebagai bentuk empati terhadap keadaan orang lain yang kurang mampu, maka mahasiswa PPKn PPs UNY memiliki agenda Bakti Sosial “Citizenship Peduli” yang dilaksanakan setiap bulannya. Kegiatan ini dimotori oleh Danang Prasetyo, mahasiswa PPKn PPs angkatan 2014. Adapun sumber dana berasal dari iuran dan kas kelas PPKn PPs UNY. Untuk kali pertama pelaksanaan kegiatan ini terlaksana dengan lancar pada hari Rabu, 14 April 2015 tepat pukul 15.30 WIB.

Tempat yang menjadi sasaran untuk kali adalah kaki lereng Gunung Merapi tepatnya di RT 02, Turgo I, Purwobinangun, Pakem, Sleman menuju rumah Mbah Jinem. Sosok fenomenal yang di usia senjanya hidup serba kekurangan. Hidupnya selalu dalam kesunyian, kesehariannya hanya seekor anjing hitam yang diberi nama Semut setia menemani.

Adapun bantuan yang kali ini diberikan berupa bahan makanan, perlengkapan tidur, alat mandi dan alat masak. Kedatangan rombongan disambut baik dan diterima di dalam gubuk kecil ukuran 2 x 3 meter hasil sumbangan donatur yang diberi nama “Omah Mikir”. Jabat tangan lembut diiringi senyum ramah terlihat dari raut wajah Mbah Jinem saat kami datang. “Matur nuwun wis do ditiliki adoh-adoh tekan kene”, katanya menyambut rombongan dalam logat Bahasa Jawa yang kental. Perawakannya yang kecil dan mulai tertatih tak mengurangi semangat hidupnya, bercerita dan selalu memanjatkan doa menjadi bahasa yang terucap. Saat rombongan berpamitan terselip doa yang dipanjatkan Mbah Jinem pada kami. “Mugo-muga do dadi bocah pinter, sekolahe lancar, uripe kepenak lan bekti karo wong tuwo”, begitulah ucapnya menutup perbincangan kami sebelom rombongan berpamitan. (Danang – PPKn S2 PPs UNY)