April 2018

QUO VADIS PENYELARASAN DIKLAT VOKASI DENGAN DUDI

Penyelarasan pendidikan dan latihan vokasi dengan DUDI masih menjadi salah satu isu penting yang selalu dikaitkan dengan usaha pengembangan Diklat Vokasi di Indonesia. Meskipun pengembangan ini sudah cukup lama dirintis di Indonesia dengan strategi link-match yang diupayakan sejak tahun 1990-an, tetapi sampai saat ini masih menjadi isu dan tantangan kontemporer yang dihadapi oleh berbagai pihak seperti pendidikan, ketenagakerjaan, dan industri di Indonesia.

Proquest untuk Sitasi dan Publikasi

Sebagai langkah nyata untuk meningkatkan publikasi di lingkungan mahasiswa, Program Pascasarjana UNY mengadakan Workshop pemanfaatan fasilitas Proquest untuk sitasi dan publikasi Jumat (13/4) di Aula lt. 7.
Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana sitasi artikel jurnal yang ada diluar salah satunya di Proquest. Mahasiswa dapat memanfaatkan sitasi tersebut sebagai pendukung penelitian serta sebagai sarana/media untuk mempublikasikan karya karya ilmiahnya.
Seperti yang kita tahu bahwa, Proquest merupakan perusahaan besar di Michigan, USA yang bergerak di bidang digital dan teknologi global yang didirikan pada tahun 1938 yang menyediakan solusi, aplikasi, dan produk perpustakaan.
Ditemui di Aula Lt.7 Gedung Pascasarjana UNY, Koordinator Publikasi Adam Jerusalem,Phd mengatakan “Dengan workshop ini diharapkan mahasiswa mendapatkan kemudahan-kemudahan untuk mendukung kiprahnya di dunia penelitian dan publikasi”. (Manggalasari)

Industri 4.0, Pekerjaan 4.0, Manusia 4,0 : Diskusi Intensif Mahasiswa S3 Pascasarjana UNY dengan Prof. Martin Hartmann dari Technische Universität Dresden, Jerman

Industri jilid empat atau yang sering kita sebut dengan industri 4.0 merupakan manufaktur yang terhubung secara digital. Prof. Martin Hartmann dengan judul presentasinya Industrie 4.0, Arbeit 4.0, Mensch 4.0 atau dalam bahasa Indonesia Industri 4.0, Pekerjaan 4.0, Manusia 4,0 memaparkan bahwa industri jilid empat juga harus diikuti dengan pekerjaan dan manusia yang juga jilid empat. Tema ini sangat menarik perhatian mahasiswa S3 Pascasarjana UNY terutama Program studi PTK (Pendidikan Teknologi dan kejuruan) dan Program Studi TP (Teknologi Pendidikan).
Dalam diskusi tersebut mahasiswa S3 sangat concern dengan issue Industri 4.0, dimana di masa depan mereka adalah generasi jilid empat atau disebut oleh Prof. Hartmann dengan istilah Manusia 4.0. yang akan selalu bersentuhan dengan industri 4.0.
Mahasiswa S3 peserta diskusi mendengarkan dengan seksama bagaimana Prof. Hartmann menceritakan tentang kondisi pendidikan kejuruan di Jerman yang sudah lebih dulu mempersiapkan lulusannya menghadapi industri 4.0. Bagi Institusi pendidikan di Indonesia mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi dunia digital, dalam hal ini adalah industri jilid 4 merupakan tugas yang sangat serius. Program Pascasarjana UNY sendiri sudah sejak beberapa tahun ini berkomitmen untuk mendatangkan Professor dari negara-negara maju untuk dapat memberikan pengetahuan dan point of view lain yang bermanfaat bagi mahasiswa.(Manggalasari)

Profesor Asal Jerman Berbagi ilmu Mengenai Peran Media Digital dalam Pendidikan

Perkembangan Media digital yang semakin maju perlu disikapi lebih lanjut oleh para pakar pendidikan. Para pelaku di bidang Pendidikan harus bisa mengikuti perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini. Tidak hanya pada sistem pendidikan, proses pembelajaran juga sudah mulai menggunakan teknologi seperti presentasi menggunakan proyektor, pembelajaran e-learning dan juga penggunaan e-book. Begitulah yang disampaikan oleh Profesor asal German, Thomas Koehler saat mengisi kuliah tamu di PPS UNY (2/4). Selama kurang lebih 45 menit beliau menyampaikan materi dengan tema The Role of Digital Media in TVET Recent Trends of Educational Technologies.
Pembahasan tidak hanya terbatas pada materi, Prof. Koehler juga memperkenalkan Universitas asalnya, Technische University Dresden (TUD Germany) serta bentuk kerjasama TUD dengan UNY. Bentuk kerjasama meliputi sandwich dan Join degree untuk jenjang doktor dan join Master Program TVET untuk jenjang Magister. Antusias yang sangat positif terlihat dari penuhnya kapasitas Aula PPS UNY dan juga pertanyaan yang diajukan oleh peserta. (dwgt)

MAHASISWA S3 JOINT DEGREE PASCASARJANA UNY KEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG TERINTEGRASI DENGAN INSTRUMEN GAYA BELAJAR

Setiap individu mempunyai cara-cara yang berbeda dalam belajar, cara belajar tersebut disebut dengan Gaya Belajar. Gaya belajar itu sendiri merupakan pola bawaan individu atau kebiasaan memperoleh dan memproses informasi dalam situasi belajar. Inti dari konsep gaya belajar adalah bahwa setiap individu mempunyai cara yang berbeda dalam belajar.