September 2015

Dekan FKIP UAD Berhasil Meraih Doktor di UNY

Dra. Trikinasih Handayani, M.Si., berhasil meraih doktor urutan ke 285 dalam ujian terbuka disertasi pada Program Doktor (S3) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta di Aula PPs UNY, Jumat (19/9). Kandidat dari program studi Ilmu Pendidikan  itu membawakan disertasi berjudul “Pembudayaan Nilai Kebangsaan Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar Adiwiyata di Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Program Studi Pendidikan IPA Angkatan 2014 selenggarakan Studi Laboratorium

Didampingi oleh kaprodi Pendidikan IPA Dr. Insih Wilujeng dan dosen pengampu prodi PIPA Dr. Supahar, M.Si., mahasiswa prodi PIPA angkatan 2014 kelas reguler dan kelas P2TK mengadakan studi laboratorium. Studi laboratorium ini diselenggarakan pada hari Senin s.d. Rabu, 14 s.d.16 September 2015 di Program Studi Magister S2 pendidikan IPA UPI Bandung, serta di Sekolah Alam Dago Bandung.

KMP UNY GELAR KAJIAN BAHAYA LIBERALISME DAN LITERALISME

Kamis, 17 September 2015 KMP UNY menggelar KUPAS (Kajian dan Diskusi Kerohanian Pascasarjana) untuk ketiga kalinya. Kegiatan tersebut merupakan program rutin dari Bidang Kerohanian KMP UNY dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung Baru PPs UNY. Dengan mengangkat tema “Menjaga Keselamatan Iman dalam Arus Liberalisme dan Literalisme”, kegiatan yang dilaksanakan pada 15.30-17.35 WIB ini menghadirkan Dr Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag Dosen UIN Sunan Kalijaga dan Pengurus Majelis Intelektual dan Ulama Muda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Partisipasi Mahasiswa KNB di Kemah Antar-kebudayaan Unsoed 2015

Pada tanggal 1-7 September 2015 yang lalu, dua orang perwakilan mahasiswa KNB UNY, Claver Nzobonimpa dan Oscar Ndayizeye dari Burundi, mengikuti kegiatan Intercultural Summer Camp yang diselenggarakan oleh Kantor Internasional Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Sejumlah 22 orang mahasiswa internasional dari berbagai Negara dan 9 orang tutor tercatat menjadi peserta kegiatan tersebut.

Prodi Dikdas PPs UNY Sambut KKL MKGSD Unila Lampung

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali mendapatkan kehormatan yaitu dengan hadirnya tamu yang bermaksud untuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pada hari Senin, 14 September 2015 prodi Pendidikan Dasar PPs UNY dijadikan sebagai tujuan kunjungan dari mahasiswa Magister Keguruan Guru SD (MKGSD) Universitas Lampung (Unila).

Jaga Kualitas Karya Dengan TurnItIn

Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengakuan atas karya orang lain oleh seseorang yang menjadikan karya tersebut sebagai karya ciptaannya. Orang yang melakukan plagiarisme disebut plagiaris/plagiator. Dengan batasan demikian, plagiarisme adalah pencurian (bahasa kasarnya, pembajakan) dan plagiaris adalah pencuri (pembajak).

Perbaikan Kualitas Sekolah Mengacu Pada Kualitas Proses Kultur Demokrasi di Dalamnya

Tingginya hasil belajar siswa sebagai ukuran kualitas sekolah telah menjadikan siswa sebagai objek dalam proses belajar mengajar. Siswa dibiasakan berinteraksi dengan guru dalam sikap yang kurang fleksibel, kurang terbuka, dan kurang toleran. Interaksi antara guru dan siswa pada satu sisi menunjukkan adanya sikap pemaksaan dari guru kepada siswa. Siswa cenderung mempertahankan proses indoktrinisasi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Pages