March 2015

KMP UNY GELAR CHALLENGES GRADUATE STUDY ABROAD

Tingginya animo mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri membuat Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan General Discussion on Challengges Graduate Study Abroad. Acara yang dilansungkan Jumat, 20 Maret 2015 pukul 13.00-15.30 WIB di Aula Fakultas Ekonomi UNY ini bertujuan untuk menunjang pencapaian target jangka panjang KMP UNY. “Dalam rangka menunjang pencapaian target jangka panjang KMP UNY, dimana 5% lulusan S2 UNY harus melanjutkan program doktoral”.

Teliti Estimasi Kesalahan Pengukuran, Widanarto Raih Gelar Doktor

Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sanata Dharma (USD) Sebastianus Widanarto Prijowuntato, S.Pd., M.Si. lulus ujian terbuka promosi doktor S-3 Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa (17/03/2015).

Raih Doktor Usai Teliti Model Pembelajaran Praktik Terpadu

Industri pariwisata khususnya di Yogyakarta memerlukan perhatian dari banyak pihak. Hal ini mengingat Yogyakarta selain kota pelajar juga merupakan kota budaya dan pariwisata yang menjadi tujuan wisatawan domestik maupun luar negeri. Fenomena ini tentunya menjadi tantangan bagi penyedia tenaga yang kompeten dalam bidang pariwisata dalam hal ini SMK Pariwisata.

Ujian Komprehensif Program Doktor PPs UNY

Program Pascasarjana UNY pada tanggal 17 dan 18 Maret 2015 menyelenggarakan ujian komprehensif yang diperuntukkan bagi mahasiswa Program Doktor Angkatan 2013. Ujian komprehensif merupakan salah satu bentuk evaluasi keberhasilan dalam proses penyelenggaraan pendidikan di PPs UNY yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan pemahaman dan penguasaan teoretik mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuannya.

Koordinasi Promotor dan Co-Promotor dengan Mahasiswa S3 IPB

Pada hari Jumat, 6 Maret 2015, pengelola Program Studi S3 Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB) PPs UNY mengadakan koordinasi yang mempertemukan antara mahasiswa dengan promotor dan co-promotor. Pertemuan ini menghadirkan mahasiswa angkatan pertama IPB dengan pembimbing disertasi mereka diantaranya Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro, Prof. Dr. Suhardi, Prof. Dr. Endang Nurhayati, Dr. Maman Suryaman, dan tentunya kaprodi sekprodi IPB, Prof. Sugirin, Ph.D.,serta Prof. Dr. Pratomo Widodo.

PANEN ILMU DARI DUA SEKOLAH

Senin-Rabu, 23-25 Februari 2015, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Dasar melakukan kunjungan ke dua sekolah. Kunjungan pertama pada hari Senin, 23 Februari 2015 ke SD Green School di Sleman, Yogyakarta. Kunjungan kedua pada hari Rabu, 25 Maret 2015 ke SD Islam Bani Hasyim yang berada di Malang, Jawa Timur. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka study laboratorium mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.

Pelantikan Pengurus KMP UNY Periode 2015

Sabtu, 7 Maret 2015 berlangsung pelantikan pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) periode 2015. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini bertempat di Aula Gedung Pascasarjana UNY. Dalam kegiatan pelantikan tersebut, pengurus KMP UNY periode 2015 resmi dilantik pada pukul 10.00 melalui pembacaan sumpah yang dipimpin oleh Bapak Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed. D., selaku Wakil Rektor I UNY.

PPs UNY Akan Menggelar Bedah Buku

Beberapa dosen di PPs UNY merupakan penulis buku yang produktif. Banyak karya – karya mereka yang telah terpublish yang bisa dipergunakan sebagai tambahan referensi perkuliahan mahasiswa.

Untuk mengulas lebih dalam tentang buku buah pena dosen tersebut, PPs UNY bermaksud mengadakan sebuah acara yaitu Bedah Buku. Untuk mempersiapkan hal itu, Tim Penjaminan Mutu bersama Direktur, Asdir I, dan baberapa staf mengadakan koordinasi pada hari Jumat, 6 Maret 2015.

Orientasi Mahasiswa Joint Doctoral Degree Program PPs UNY – TUD Jerman

Joint Doctoral Degree antara Prodi PTK PPs UNY dengan  Technishe Universitat Dresden (TUD) Jerman adalah program  unggulan yang sangat strategis. Hal ini adalah anak kandung  yang sangat dikehendaki kelahirannya dan harus dipelihara dan dibesarkan. Itulah yang ditekankan oleh  Prof. Dr. Supriadi Rustad, M.Si. dalam orientasi mahasiswa baru program Joint Doctoral Degree pada hari Jumat, 6 Maret 2015 di Aula PPS UNY.

Pages