October 2014

Kajian Rabu Spesial KMP UNY: Refleksi Akhir Tahun Menyambut Tahun Baru 1436 Hijriah

Rabu, 22 Oktober 2014 Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY menyelenggarakan Kajian Rabu Spesial. Kegiatan ini merupakan kajian agama yang dipersembahkan oleh Bidang Kerohanian KMP UNY dan bertema “Refleksi Akhir Tahun Menyambut Tahun Baru 1436 Hijriah”. Hadir sebagai penceramah, Ustadz Adi Abdillah. Ustadz yang merupakan alumni UGM ini merupakan kembaran dari Ustadz Awan Abdullah, sehingga beliau lebih dikenal sebagai “Ustadz Kembar”. Kajian dimulai pukul 16.00 WIB dan dihadiri oleh sekitar 60 orang mahasiswa PPs UNY.

CINTAI MENULIS, HARAMKAN PLAGIAT!

Cintai Menulis, Haramkan Plagiat! Semboyan yang diusung dalam deklarasi anti-plagiat yang ditandatangani oleh segenap civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta.

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilantik pada 12 Juli 2014 menggelar agenda publik perdana, “Dialog Anti Plagiat dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”. Acara yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Oktober 2014 mengusung tema “Budayakan Karya Tulis Bebas Plagiat.”

MENJADI MC PROFESSIONAL MESKI SEBATAS TUGAS SAMPINGAN

Sebuah instansi, baik swasta ataupun pemerintahan selalu dituntut untuk memberikan pelayan prima pada Stakeholders. Hal tersebut disadari benar oleh segenap pengelola Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY). Selama ini pelayanan yang dirasa sudah baik tidak menjadi penghalangan untuk melakukan berbagai perbaikan bahkan peningkatan kualitas layanan. Betapa tidak, animo peminat yang menempuh studi di PPs UNY selalu mengalami tren positif. Bahkan, penerimaan mahasiswa baru terakhir tercatat mengalami peningkatan lebih dari 40%.

Belajar Metode Riset ‘Rasch Model’ di University of Malaya

“Lebih baik 1 jam memantapkan teori di perpustakaan, daripada thesis selesai 6 bulan tapi kurang berkualitas”, nasehat Dr. Bambang Sumintono di sela-sela perkuliahan. Beliau sangat antusias menyambut kedatangan rombongan sit in mahasiswa S2 Prodi PSn PPs UNY angkatan 2013 yang berkunjung sejak tanggal 14 hingga 18 Oktober 2014 lalu.

Fundamental dan Implementasi Dunia Pendidikan

Pada tanggal 11-12 Oktober 2014, Prodi Ilmu Pendidikan PPs UNY bersama dengan prodi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial menghelat acara besar yang kemudian diberi nama 1st  International Conference on Fundamentals and Implementation of Education (ICFIE) 2014. Acara yang diketuai oleh Prof. Zamroni, Ph.D. dan Dr. Siti Irene Astuti Dwiningrum tersebut menghadirkan pembicara dari berbagai negara dan organisasi mancanegara, di antaranya yaitu Dr. Ali Unsal (Pasiad Foundation, Turkey), Prof.

Yudisium September: Wujudkan Membangun Indonesia Menata Dunia

Kumandang lagu Indonesia Raya dan Hymne UNY mengawali pembukaan acara yudisium periode September 2014 di Program Pascasarjana UNY. “Membangun Indonesia Menata Dunia”, cuplikan dari lagu Hymne UNY itu begitu melekat di hati seorang peserta yang merupakan perwakilan dari peserta yudisium dari program Doktor, yaitu Ibu Rahmawati. Ibu Rahmawati adalah salah satu lulusan terbaik dari program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang berhasil meraih IPK hampir sempurna, yaitu 3,99.

Belajar Vokasi dari Singapore

Awal Oktober ini, kelas PTK Vokasi C PPs UNY yang terdiri dari Vokasi Teknik Sipil dan Busana angkatan 2013 berkesempatan mengunjungi Singapura. Rombongan terdiri dari 12 orang mahasiswa dan 1 orang dosen pembimbing yaitu, Dr. Wagiran. Perjalanan ditempuh kurang lebih selama dua jam dan sesampainya di Bandara Internasional Changi, para rombongan segera menuju ke penginapan di daerah Chinatown untuk check in dan meletakkan barang-barang bawaan. Perjalanan dilanjutkan ke Singapore Polytechnic menggunakan MRT.

Mahasiswa S2 PIPS FKIP Universitas Lampung Studi Literatur di PPs UNY

Prodi S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Negeri Yogyakarta (UNY) menerima kunjungan mahasiswa S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lampung di Aula PPs UNY pada hari Rabu (08/10/2014). Kunjungan mahasiswa S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lampung ke Pascasarjana UNY dalam rangka studi banding di kota Yogyakarta. Selain menghadiri diskusi ilmiah bertema Kurikulum 2013, agenda yang dilaksanakan yaitu studi literatur dengan mengunjungi Perpustakaan Pascasarjana dan Museum Pendidikan di UNY.

Dr. Nurrahmah Studi Etnografi Pendidikan Dasar di Daerah Miskin

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta kembali mengadakan ujian terbuka dan promosi doktor dengan promovendus Nurrahmah, M.Pd. dari prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Ujian ini dilaksanakan pada hari Senin, 6 Oktober 2014.

Promovendus menyampaikan ringkasan disertasinya yang berjudul “Studi Etnografi Pendidikan Dasar di Daerah Miskin di Kabupaten Dompu NTB”.

PPs UNY Lahirkan Doktor ke-248

“Bagaimanakah pengaruh penyekoran mempergunakan kombinasi MCM (Multiple Choice Model)/GPCM (Generalized Partial Credit Model) dibandingkan 3PLM (Skema Penyekoran Dikotomus)/GRM (Graded Response Model) terhadap estimasi parameter kemampuan dan butir tes matematika berfotmat butir-campuran pada panjang tes yang bervariasi, pada pukuran sampel yang bervariasi, pada proporsi butir M-C (Multiple Choice) dan uraian yang bervariasi?”.

Pages