July 2014

Monitoring Perkembangan Studi Mahasiswa S3 PEP

Guna mendapatkan informasi terkait perkembangan studi mahasiswanya, maka adalah suatu kewajiban bagi pengelola program studi untuk melakukan monitoring. Untuk itu, pada hari Kamis, 10 Juli 2014, prodi Penelitian dan evaluasi Pendidikan PPs UNY mengadakan kegiatan monitoring perkembangan studi mahasiswa S3 PEP angkatan 2012 bertempat di ruang 202 PPs UNY.

REALISASI KEGIATAN PENELITIAN KERJASAMA ANTARA PPS UNY DENGAN UNIVERSITY OF AUCKLAND TAHUN 2014

Sebagai kelanjutan realisasi penelitian kerjasama dalam bidang pendidikan multicultural antara PPs UNY dengan Faculty of Education, University of Auckland, pada tanggal 1-7 Juli 2014 yang lalu tim peneliti dari PPs UNY berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke Auckland untuk berdiskusi secara intensif dengan tim peneliti dari UoA dan melakukan serangkaian kegiatan pendukung lainnya. Tim peneliti dari UNY terdiri dari Prof. Zamroni, Ph.D., Prof. Dr. Badrun Kartowagiran, Dr.

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI NEW ZEALAND

Pada Senin, 16 Juni 2014 yang lalu, PPs UNY kembali mengadakan kegiatan kuliah umum dengan pemateri Dr. John Hope, Associate Dean for International Programme, Faculty of Education, University of Auckland, New Zealand. Ini adalah kali ketiga Dr. Hope berkunjung ke PPs UNY, setelah sebelumnya beliau diundang menjadi pembicara dalam kegiatan seminar internasional yang digelar PPs UNY serta kegiatan diskusi kerjasama antara UNY-UoA.

Prodi S2 PIPS Gelar Workshop bagi Guru-Guru IPS/MTS di Kabupaten Sleman

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dengan menggelar pelatihan dan workshop pengembangan perangkat pembelajaran IPS dengan “Pendekatan Scientific”. Acara yang digelar di Aula PPs UNY beberapa waktu lalu tersebut, dibuka oleh Ketua Program Studi  PIPS yang diwakili oleh sekretaris program Studi yaitu Dr. Muhsinatun Siasah Masruri.

Kelas PBI adakan Buka Puasa Bersama

Jum’at, 11 Juli 2014 Mahasiswa Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UNY angkatan 2013 mengadakan buka puasa bersama di Bale Bebakaran Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar mahasiswa konsentrasi PBI. Acara yang langsung diketuai oleh ketua kelas konsentrasi PBI, Iwan Khairi Yahya, di mulai sejak pukul 16.30 WIB.

Pelantikan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) UNY merupakan lembaga eksekutif mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta yang berada di bawah naungan Asosiasi Alumni dan Mahasiswa Pascasarjana UNY atau lebih dikenal dengan AAM UNY yang diketuai oleh Dr. Aman, M.Pd. Pembentukan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana ini didasari oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keanggotaan KMP UNY terdiri atas perwakilan mahasiswa S2 dan S3 setiap program studi. Organisasi ini resmi didirikan pada tanggal 3 Mei 2014 yang dikukuhkan oleh Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.

Dr. Rahmawati Lulus Doktor Kurang dari 3 Tahun

Rahmawati, M.Ed. (35 tahun) mengatakan penyusunan tes menjadi beberapa paket yang dianggap paralel adalah hal yang semakin umum dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk alasan keamanan dan kerahasiaan tes. Walaupun paket tes telah disusun secara paralel, sangat sulit dan sangat jarang diperoleh beberapa paket tes paralel yang sempurna. Selain itu, sangat jarang ditemui kemampuan kelompok yang mengerjakan satu paket tes akan identik sama dengan kemampuan kelompok yang mengerjakan paket tes lainnya.

Prodi PTK S2 & S3 PPs UNY Gelar Workshop Pengembangan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Guru-Guru SMK se-DIY

Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai salah satu unsur Tri Dharma, kegiatan PPM dilaksanakan secara terintegrasi dengan unsur Tri Dharma lainnya, yaitu pendidikan dan penelitian. Dalam rangka menjalankan Dharma Perguruan Tinggi tersebut, Program Studi Pendididkan Teknologi dan Kejuruan (PTK S2 & S3) Program Pascasarjana Universitas Negeri  Yogyakarta (PPs UNY) melaksanakan PPM dengan Tema “Workshop Pengembangan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Guru-Guru SMK se-DIY”.

Dr. Basyirun Kembangkan Model Uji Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan

Kompetensi yang diperlukan pada abad 21 adalah kompetensi dasar, mudah beradaptasi, kompetensi profesional sesuai dengan bidang ilmu dan literatur teknologi informasi dan komunikasi (Dharma, Surya, dkk., 2013: 216). Saat ini LPTK dan pendidikan menengah kejuruan menghadapi permasalahan yaitu  rendahnya relevarisi hasil pendidikan. Rendahnya tingkat relevansi disinyalir disebabkan adanya gejala belum/tidak kompeten guru dan calon guru, termasuk guru jurusan teknik mesin bidang keahlian teknik pengelasan.

Dr. Theodorus Wiyanto Kembangkan Model Praktik Pengalaman Lapangan

Pendidikan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Lodge (1974: 23), menyebutkan bahwa, 'life is education, education is life'. Pendidikan formal masih tidak bisa dilepaskan dari sosok pendidik/gurunya. Sedemikian pentingnya peranan guru dalam pendidikan, sehingga masyarakat hanya tahu bahwa 'kegagalan' siswa dalam pendidikan diakibatkan oleh rendahnya kualitas guru.

Pages