May 2014

Seminar Nasional: Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa

“Yang mengawali bangsa Indonesia adalah orang terdidik dan yang tercerahkan dan anak muda 18-23 tahun yang tergabung dalam Jong Ambon, Jong Sumatera dan lain-lain yang menggunakan kekuatan kedaerahannya untuk kepentingan bangsa. Kalau kita mau disebut satu kita ingin menggunakan istilah apa? : Indonesia”. Itulah pengantar pembuka yang disampaikan oleh sejarawan Indonesia, Dr. Anhar Gonggong dalam Seminar Nasional Temu Alumni PPs UNY dengan makalah berjudul “Nasionalisme: Pengalaman Indonesia”.

Dr. Muyasaroh Kembangkan Model Evaluasi Pembelajaran Tahfiẓ Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan sebuah kitab suci bagi umat Islam. Keberadaan Al-Qur’an tidak hanya sekedar sebuah kitab suci namun juga memiliki kemukjizatan/keistimewaan bahasa, menjadi sumber kekuatan, dan menjadi sebuah sumber pengajaran bagi pendidikan manusia  (Zaid, 2011:78). Demikian kemuliaan  kedudukan al-Qur’an sehingga tetap terjaga kemurnian dan kesuciannya.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi

“Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah mencetak ratusan guru SMK, khsusnya bidang teknik. Sejak ditunjuk Kemendikbud sebagai Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK), UNY memiliki tanggungjawab menyuplai guru SMK dan saat ini yang sangat urgent adalah untuk Indonesia bagian timur”, tutur Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., saat menjadi Keynote Speaker dalam 3rd International Conference on Vocational and Tehnology (ICVET) di Hotel Eastparc (14/05/2014) yang termasuk dalam agenda Dies Natalis UNY ke 50.

Dr. Nuryana Teliti Kultur Sekolah

Di Indonesia, persoalan kualitas pendidikan menjadi perhatian penting dalam program pembangunan nasional. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Dewasa ini, kultur sekolah dipandang semakin penting bagi upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini dinilai sebagi sesuatu yang memiliki energi besar bagi terwujudnya efektifitas dan efisiensi pendidikan. Saat ini di semua jenjang pendidikan dari dasar sampai tinggi faktor kultur sekolah belum tertata dengan baik.

PPs UNY Raih Juara Harapan 1 Lomba Green and Clean Campus

Berbagai perlombaan dalam rangka Dies Natalis UNY Emas ke-50 telah terselenggara. Salah satunya yaitu lomba Kebersihan Kampus UNY (green and clean campus). Lomba kebersihan ini merupakan bagian dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta  dalam rangka memeriahkan Dies UNY Emas tersebut.

Yudisium Periode April: 27 Lulusan Cumlaude PPs UNY Lulus dalam Waktu 20 Bulan

Pada periode April 2014 ini Program Pasacsarajana UNY mengadakan upacara yudisium yang berbeda dari biasanya. Upacara yang biasa dihelat pagi hari pada saat suasana masih segar, tapi kali ini diadakan jam 15.00 dengan sisa tenaga yang ada.

Yudisium yang diadakan pada hari Selasa, 29 April 2014 di Aula PPs UNY ini diikuti oleh 85 peserta yang terdiri atas 79 mahasiswa untuk jenjang magister dan 6 mahasiswa untuk jenjang doktor. Selain itu, hadir pula kaprodi, sekprodi, koordinator Jurnal, Layanan Bahasa, pengelola Lab. PEP.

Penyuluhan Kesehatan dan Bakti Sosial Dies Emas UNY di Kelurahan Pringgokusuman

Dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-50 UNY Emas pada tahun 2014 ini, UNY berusaha mendekatkan diri kepada masyarakat. Salah satu yang dilakukan adalah bakti sosial. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini Dies Emas bakti sosial ini dilaksanakan serentak dan merata di lima kabupaten/kota yang ada di DIY pada hari Minggu, 27 April 2014.