March 2013

Dr. Adi Suryanto Kembangkan Model Evaluasi P2HT

PPs UNY kembali meluluskan Doktor yang kali ini dari Prodi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Kamis (28/03/2013) menghadirkan tim penguji yang terdiri atas Wardan Suyanto, Ed.D. (Ketua), Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. (Sekretaris), Prof. Dr. Abdul Gafur (Promotor I), FX. Sudarsono, Ph.D. (Promotor II), Prof. Kumaidi, Ph.D. (Penguji I), dan Sumarno, Ph.D. (Penguji II). Dr.

Dr. Nuril Mengimplementasikan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SMA Kabupaten Dompu

Krisis karakter yang dialami bangsa Indonesia saat ini sudah berada pada titik yang sangat mengkhawatirkan. Sifat tulus, luhur, mulia, jujur, kesopanan, dan tanggung jawab terkikis seketika tergantikan dengan rasa cemas, kekerasan, perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai, keyakinan, norma-norma, agama, adat istiadat yang berlaku dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Demikian papar Dr. Nuril Furkan pada Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Rabu (27/03/2013) di Aula PPs UNY.

SEMINAR NASIONAL IKA UNY: MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Pada 2006 dunia pendidikan Indonesia dikenalkan dengan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya, terutama Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) plus peminatan siswa. Selanjutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang serba cepat, serta pentingnya penerapan pendidikan karakter pada subjek didik, pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013.

Dr. Dwi Widjanarko Lulus “Dengan Pujian” berkat Mengembangkan Media Pembelajaran Teori Kelistrikan Otomotif Berbasis Komputer

Program Pascasarjana UNY kembali meluluskan seorang Doktor dari Prodi S3 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK). Dalam Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar pada Sabtu (16/03/2013) di Aula PPs UNY, Dr. Dwi Widjanarko dinyatakan lulus dengan hasil “Dengan Pujian”. Doktor ke-163 di PPs UNY dan Doktor ke-43 di Prodi PTK tersebut berhasil menyelesaikan studi Doktornya dalam waktu 43 bulan dengan disertasi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Teori Kelistrikan Otomotif Berbasis Komputer.”

Dr. Hendra Jaya Kembangkan LSim-ED di SMK

Perkembangan dunia pendidikan saat ini sedang memasuki era yang ditandai dengan gencarnya inovasi teknologi, sehingga menuntut adanya penyesuaian sistem pendidikan yang selaras dengan tututan dunia kerja. Salah satu lembaga pada jalur pendidikan formal yang menyiapkan lulusannya untuk memiliki keunggulan di dunia kerja yaitu jalur pendidikan kejuruan. Demikian papar Dr. Hendra Jaya dalam Ujian Terbuka dan Promosi Doktor yang digelar di Aula PPs UNY pada Senin (11/03/2013).

DELEGASI DARI NARESUAN UNIVERSITY KUNJUNGI UNY

Sebanyak 12 orang mahasiswa dan 2 orang dosen program studi S3 Educational Administration and Development, Naresuan University Thailand mengunjungi UNY pada hari Kamis, 7 Maret 2013. Bertempat di Aula PPs UNY, delegasi dari Thailand diterima oleh Dekan dan para Wakil Dekan FIP UNY serta perwakilan dari Prodi S1 Administrasi Pendidikan dan S2/S3 Manajemen Pendidikan PPs UNY.

Konferensi Pers Deseminasi Hasil Penelitian Kemendikbud RI dan Bank Dunia kerjasama dengan UNY

Di awal bulan Maret ini Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Seminar Hasil Program BEC-TF (Basic Education Capacity Trust Fund). Seminar akan dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 8-9 Maret 2013 di Auditorium UNY. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Kemendikbud RI dan Bank Dunia dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Sebagai langkah awal panitia mengadakan Konferensi Pers yang diadakan hari ini, Senin, 4 Maret 2013 yang bertempat di Aula Program Pascasarjana UNY..