December 2012

Penawaran Program SAME LN Dikti bagi Dosen

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengembangan sumberdaya manusia di Perguruan Tinggi, peningkatan manajemen akademik dan kelembagaan dan untuk mengefektifkan ketelibatan pimpinan perguruan tinggi serta meningkatkan kemanfaatan berbagai kerjasama yang telah dimiliki, DIKTI menawarkan Perguruan Tinggi di Indonesia untuk ikut serta dalam program SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange) Tahun 2013, dengan ketentuan hal-hal (secara ringkas) sebagai berikut :

Dosen dan Mahasiswa PPs UNY ikuti Konferensi Ilmiah Nasional Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) di UNESA Surabaya

Konferensi Ilmiah Nasional Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) kembali digelar. Kali ini Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menjadi tuan rumah perhelatan nasional tersebut. Sebanyak delapan dosen dan tiga mahasiswa PPs UNY turut serta menghadiri konferensi tersebut. Rangkaian kegiatan konfrensi dimulai dengan welcoming diner oleh Rektor Unesa di hotel Novotel, dilanjutkan dengan pembukaan konfrensi. Momen konferensi juga digunakan untuk melantik Unit Koordinasi Daerah baru yaitu Unit Koordinasi HEPI Jawa Tengah dan Lampung.

Pengembangan Kerjasama Bidang Pendidikan dan Penelitian antara PPs UNY dengan Faculty of Education, University of Auckland, New Zealand

Program Pascasarjana UNY terus melebarkan jaring kerjasamanya dengan lembaga lain di luar negeri seiring dengan Visi UNY untuk menuju World Class University (WCU). Rintisan kerjasama yang terjalin kali ini dengan University of Auckland (UoA), New Zealand. Delegasi PPs UNY yang diwakili oleh Kaprodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) PPs UNY, Prof. Dr. Yoyon Suryono dan Sekprodi S3 Ilmu Pendidikan (IP) PPs UNY, Dr. Siti Irene Astuti D serta Dekan FIP UNY, Dr. Haryanto, dan Wakil Dekan I FIP UNY, Dr.

Pengembangan Model Evaluasi Implementasi Program RSBI di SMA Berbasis Kondisi Sekolah

Untuk mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan implementasi program RSBI di sekolah perlu dilaksanakan evaluasi. Dalam proses pelaksanaan evaluasi dibutuhkan model evaluasi beserta instrumen pengukurannya. Model evaluasi yang sudah ada belum sepenuhnya mampu mengungkap data dan informasi yang sesuai kebutuhan dan permasalahan dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Demikian papar Dr. Esti Setiawati dalam Ujian Terbuka Doktor pada Kamis (13/12) di Aula PPs UNY.

Doktor ke-154 PPs UNY Kembangkan Model Pembelajaran Matematika di SD melalui "Assesment for Learning"

Ujian Terbuka Doktor yang digelar PPs UNY pada Rabu (12/12) di Aula PPs UNY menghantarkan Sumardi, dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta, menjadi Doktor ke-154 di PPs UNY. Dengan disertasi yang berjudul “Model Asesmen Pembelajaran Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Matematika SD”, Sumardi mengembangkan  model pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar melalui Assesment for Learning untuk memperbaiki pembelajaran matematika berdasarkan kelemahan yang dihadapi oleh guru dan siswa.

Doktor ke-153 PPs UNY Teliti Evaluasi Implementasi Kurikulum di SMK Teknik RSBI

Doktor ke-153 PPs UNY Teliti Evaluasi Implementasi Kurikulum di SMK Teknik RSBI

PPs UNY kembali meluluskan Doktor ke-153 melalui Ujian Terbuka Doktor yang digelar pada Senin (3/12) di Aula PPs UNY. Dr. Iman Setiono berhasil menjadi Doktor dengan penelitian disertasi yang diberi judul “Evaluasi Implementasi Kurikulum Program Studi Listrik Industri SMK Teknik Berstandar Internasional”. Doktor ke-100 di Prodi PEP tersebut memfokuskan penelitiannya pada evaluasi kurikulum program studi listrik industri SMK teknik berstandar internasional.

Praktik Penerjemahan dan Penilaiannya

Prodi Linguistik Terapan (S2) dan Ilmu Pendidikan Bahasa (S3) PPs UNY pada tanggal 28 November 2012 pukul 13.00 mendapatkan kuliah dari dua orang dosen tamu. Yang pertama adalah seorang akademisi dan praktisi dalam penerjemahan dan kejurubahasaan dari Australia, Rochayah Machali, Pd.D. Beliau merupakan dosen senior di University of New South Wales Sydney. Tamu yang kedua adalah Eka Adi Nugraha, SS, seorang praktisi penerjemahan yang bekerja sebagai translator dan editor di PeMad dan PT Penerbit Pustaka Pelajar.

YUDISIUM PERIODE NOVEMBER: Kembangkan dan Implementasikan Ilmu Agar Dirasakan Manfaatnya

Sebanyak 30 calon Magister Pendidikan dan 3 calon Doktor Pendidikan memasuki ruangan aula gedung baru Program Pascasarjana UNY pada 30 November 2012 untuk menghadiri acara Yudisium Periode November 2012.  Jumlah peserta yudisium yang memenuhi persyaratan akademik dan administratif sebanyak 33 orang, kesemuanya dinyatakan lulus 30 November 2012.