March 2012

Model Unit Produksi SMK di DIY

Program Pascasarjana UNY kembali meluluskan seorang doktor baru ke 121 dari Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dr. Tawardjono Usman yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif,  Fakultas Teknik UNY ini berhasil menyelesaikan disertasi yang berjudul Model Unit Produksi SMK di DIY dengan hasil sangat memuaskan. Dalam penelitian disertasinya, Dr.

Model Pengajaran di Belanda dan Indonesia

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) PPs UNY kembali mendapat kesempatan untuk mendatangkan dosen tamu asing yang kali ini dari Utrecht University, Belanda. Prof. Dr. Theo Wubbles hadir sebagai dosen tamu dalam kuliah umum bagi mahasiswa S2 dan S3 PEP pada Sabtu (3/3/12) di Aula PPs UNY.  Dalam kesempatan tersebut, Prof. Wubbles menyampaikan tentang perbandingan kelas di Indonesia dan Belanda yang terkait erat dengan hubungan guru dan siswa dalam pencapaian keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

SEMINAR NASIONAL DIES UNY KE-48 BEKERJASAMA DENGAN HEPI DIY

Dies Natalis UNY ke 48 akan dirayakan dengan seminar nasional dengan tema Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Bangsa oleh Ikatan Keluarga Alumni UNY (IKA UNY). Tema tersebut dikembangkan menjadi 3 subtema yaitu: 1) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Seting Keluarga, 2) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Seting Sekolah, dan 3) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Seting Masyarakat.

Kurikulum

Perkuliahan

Perkuliahan di PPS UNY dilaksanakan dengan menggunakan sistem kredit semester (SKS). Satu SKS terdiri dari 1 jam (50 menit) perkuliahan tatap muka, 1 jam (50 menit) kegiatan terstruktur dan 1 jam (50 menit) kegiatan tindak lanjut mandiri. Oleh karena itu, berbagai metode dan penugasan diterapkan pada setiap mata kuliah, dan mahasiswa dituntut untuk menyesuaikan diri dalam manajemen waktu belajar.

Masa studi

Program Studi

PPs UNY menawarkan 35 prodi yang terdiri atas 30 prodi berjenjang S-2 dan 5 prodi berjenjang S-3. Hampir seluruh prodi yang ada terkait dengan bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan kepedulian PPs UNY dalam bidang pendidikan. Dari 35 prodi tersebut, prodi S-2 PEP, LT, IK, PTK, TP, PIPS, dan Prodi S3 PEP dan PTK telah mendapatkan akreditasi A (Unggul).

 

Pages