December 2010

Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi di SMK Teknologi Industri

Program Pascasarjana UNY kembali meluluskan Doktor ke-77 dari Prodi S3 PEP yang sekaligus merupakan lulusan Doktor ke-65 dari Prodi tersebut. Dr. Sudiyatno, M.E. yang juga dosen Fakultas Teknik UNY, berhasil menyelesaikan masa studinya selama 76 bulan dengan disertasinya yang berjudul "Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Unjuk Kerja Siswa pada Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi di SMK Teknologi Industri." Ujian sekaligus acara pelepasan berlangsung pada Senin (20/12/10) di Aula PPs UNY dengan susunan penguji diantaranya Prof. Soenarto, Ph.D., Dr.

Refleksi Diri Berbantuan Komputer bagi Guru Bahasa Inggris

Ujian Doktor kembali digelar pada Sabtu (18/12/10) di Auditorium UNY dengan promovendus  Agus Widyantoro, M.Pd yang juga dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Disertasi Dr. Agus yang berjudul "Pengembangan Perangkat Refleksi Diri Berbantuan Komputer bagi Guru Bahasa Inggris" diuji oleh Profesor dan Doktor yang berkompeten di bidang Bahasa Inggris, Pendidikan dan Komputer diantaranya Prof. Soenarto, Ph.D., Sumarno, Ph.D, Sugirin, Ph.D., Prof. Dr. Herminarto Sofyan dan Prof. Dr. Pujiati Suyata. Dr.

Pengembangan Pembelajaran Berbasis IT

Prodi S2 Teknologi Pembelajaran PPs UNY kembali menerima kunjungan studi banding dari Prodi S2 Teknologi Pembelajaran (TEP) FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. Sebanyak 34 mahasiswa S2 dan Dosen dari Prodi TEP FKIP Universitas Tanjungpura diterima langsung oleh Asisten Direktur I, Prof. Dr. Djukri beserta Kaprodi dan Sekprodi TP PPs UNY, Prof. Dr. Abdul Gafur dan Dr. Ishartiwi di Aula PPs UNY pada Selasa (14/12/10).

Peningkatan Pengetahuan dan Kerjasama melalui Studi Banding

Sebanyak 105 mahasiswa dan dosen Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Saburai Bandar Lampung mengadakan studi banding ke Prodi Manajemen Pendidikan PPs UNY. Kunjungan studi banding tersebut berlangsung pada Kamis (2/12/10)  di Aula PPs UNY. Asisten Direktur II, Dr. Moch. Alip menerima langsung kunjungan tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa menerima dengan hangat kunjungan rombongan dari Universitas Saburai dan suatu saat PPs UNY juga akan berkunjung kembali ke Universitas Saburai.

“Orientation & Goal of Translation Study and the Problems Within”

Program Studi S2 Linguistik Terapan menggelar Seminar Internasional Penerjemahan dengan tema "Orientation & Goal of Translation Study and the Problems Within" pada Sabtu (4/12/10) di Aula PPs UNY. Seminar tersebut menghadirkan pembicara diantaranya Rochayah Machali, University of New South Wales, Sydney; Svenja Völkert, Philipps University of Marburg, Jerman; Dr. J. Bismoko, Univeristas Sanata Dharma, Yogyakarta; dan Asruddin B. Tou, Ph.D, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahasiswa Asing PPs Lulus Cumlaude

Wisuda UNY periode Desember 2010 tercatat sebagai prosesi wisuda terpanjang yang pernah ada. UNY tercatat mewisuda sebanyak 2064 wisudawan UNY pada jenjang S3, S2, S1, S0 yang diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut yaitu pada hari Rabu-Jumat (1-3/12/10) di Auditodium UNY. Wisuda lulusan PPs UNY mendapat kesempatan wisuda hari pertama, Rabu (1/12/10). Sebanyak 135 mahasiswa PPs UNY, S2 128 orang dan S3 7 orang, 22 diantaranya lulus dengan predikat Cumlaude.

Welcome to Graduate School YSU…!! “-Yindii tornrab-Shagotom-Sowagatam- yin dee dtôn ráp..”

Mahasiswa Internasional UNY kembali bertambah. Sebanyak 10 Mahasiswa Internasional Program Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) telah tiba di UNY. Kesepuluh mahasiswa Internasional tersebut berasal dari Laos (1 orang), Thailand (2 orang), India (1 orang), Srilanka (1 orang), Madagaskar (1 orang), Bangladesh (1 orang) dan Papua New Guinea (3 orang). Mereka disambut dan diterima secara resmi oleh Direktur PPs UNY, Prof. Soenarto, Ph.D pada Senin (15/11/10) di Aula PPs UNY.