June 2009

Pelatihan Aplikasi Program R diikuti dari berbagai univ seluruh Indonesia

Pelaksanaan "Pelatihan Aplikasi Program R dalam bidang Psikometri dan Penilaian Pendidikan" berakhir tanggal 18 Juni 2009. Pelatihan diikuti oleh peserta dari berbagai universitas di seluruh Indonesia diantarnya Jogjakarta, Aceh, Malang, Bali, Jakarta, Jambi, dan Banjarmasin. Selama 4 hari para peserta dibekali berbagai ilmu mengenai Program R baik dalam bidang Psikometri dan penilaian pendidikan oleh instruktur Dr. David J Hessen dari Utrecht University Belanda.

PPs UNY Membuka pendaftaran Semester Genap

Program Pascasarjana UNY kembali membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2009-2010. Pendaftaran Semester Genap dimulai bulan januari 2010 hingga Mei 2010. Pada kalender pendidikan di cantumkan Jadwal Registrasi dan kegiatan akademik pada semester genap dan ganjil. Lebih lengkap silahkan download file kalender pendidikan berikut. Selamat bergabung dengan UNY

 

Kalender Akademik

PELAKSANAAN PELATIHAN APLIKASI PROGRAM R DI PPS UNY

Sesuai dengan rencana, PPs UNY akan mengadakan pelatihan aplikasi program R dalam bidang psikometri dan penilaian pendidikan besok hari Senin s/d Kamis tanggal 15/6/2009 s/d 18/6/2009. Pelatihan ini akan dibimbing oleh  Dr. David J. Hessen dosen Fakultas Social and Behavioural Sciences, Jurusan Metodology and Statistics, Utrecht University Belanda. Segala persiapan telah dilakukan, mencakup pembentukan panitia, penggandaan training kit, penyiapan tempat, dan sebagainya.

 

Pelatihan Aplikasi Program R

Perangkat lunak mahal? Ya! Itulah kenyataannya. Karena itu banyak orang yang mampu membeli komputer tetapi tidak mampu atau tidak mau membeli perangkat lunaknya. Sekarang telah banyak dikembangkan perangkat lunak komputer open source tersebut yang dapat dikopi bebas tanpa melanggar hak cipta. Salah satu perangkat lunak itu adalah Program R yang dikembangkan untuk menyelesaikan analisis statistik dan perhitungan lainnya, termasuk perhitungan yang sering digunakan dalam bidang psikometri.