March 2009

Dadan Rosana, Doktor ke 37 PPs UNY

Dadan Rosana yang kelahiran Ciamis, 2 Februari 1969 ini, berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul Model Pembelajaran Lima Domain Sains dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengembangkan Pembelajaran Bermakna, di depan dewan penguji disertasi yang terdiri dari Prof. Soenarto, Ph.D., Prof. Dr. Mundilarto, Prof. Djemari Mardapi, Ph.D., Prof. Dr. Sumadji, Kamsul Abraha, Ph.D., Prof. Suryanto, Ed.D., dan Prof. Dr. Abdul Gafur.

FGD dalam Rangka Pembukaan S-3 Pendidikan Bahasa

FGD dalam Rangka Pembukaan S-3 Pendidikan Bahasa

Saat ini  Program Pendidikan S-3 menjadi suatu kebutuhan bagi setiap dosen yang berpendidikan S-2 demi peningkatan mutu SDM baik secara pribadi maupun lembaga. Hal ini juga terjadi pada guru, staf akademik, atau praktisi demi peningkatan profesionalisme mereka.  Dalam hal ini, Universitas Negeri Yogyakarta dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

DOKTOR UNY BERTAMBAH LAGI

Pengembangan Model Indikator Kinerja Sekolah Efektif Jenjang SMP, itulah judul Disertasi yang berhasil dipertahankan oleh Amat Jaedun di depan Tim Penguji Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, pada hari Sabtu, 14 Maret 2009 di Ruang Sidang PPs UNY.

Bapak yang pada masa kecilnya dipanggil dengan Jaedun ini adalah Doktor ke 35 yang berhasil diluluskan Program Pascasarjana UNY, dan ke 33 dari Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Seminar "Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra dalam Rangka Pembinaan Karakter Bangsa"

Keberadaan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang mendapatkan label "identitas bangsa", "wahana budaya", "bahasa persatuan", "bahasa nasional", "bahasa resmi", "bahasa pendidikan", "bahasa iptek", dan sebagainya pada era globalisasi ini, semakin terasa perlu dilestarikan bahkan dimantapkan keberadaannya. Kemajuan teknologi komunikasi dan media yang sudah menguasai sebagian besar kehidupan bangsa Indonesia akan dapat menyudutkan bahkan mencampakkan perkembangan bahasa Indonesia apabila tidak disikapi secara arif yang disertai sikap positif terhadapnya.

Penjaminan Mutu Pendidikan (Quality Assurance in Education) Konsentrasi Baru Prodi MP

Universitas Negeri Yogyakarta dengan tugas utamanya di bidang disiplin ilmu pendidikan, pendidikan disiplin ilmu, dan ilmu lainnya memiliki kepedulian tinggi terhadap pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya sehingga memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang unggul sesuai dengan tuntutan perubahan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta perkembangan masyarakat modern.

Piknik Bersama Keluarga Besar Karyawan PPs UNY

Dalam rangka lebih menjalin keakraban antar keluarga karyawan, Minggu 8 Maret 2009, Keluarga Besar Karyawan PPs UNY mengadakan acara Piknik Bersama. Piknik dengan tujuan Rawa Pening dan Langen Tirta Muncul yang berlokasi di daerah Ambarawa. Ketua Rombongan, Suyanto,  mengatakan bahwa semua karyawan dapat mengikuti acara tersebut, kecuali Bapak Sujarno dan Mbak Tanti yang sakit. Acara dipusatkan di areal bukit cinta (Rawa Pening), dengan dibagikan berbagai macam dorprize dan permainan yang melibatkan orang tua dan anak-anak.

PPs UNY Meluluskan Doktor Lagi

Pada hari ini, Sabtu 8 Maret 2009, jam 10.00 - 12.00 diadakan ujian terbuka disertasi mahasiswa S3 PEP an. Suratno. Penguji pada acara tersebut adalah: Prof. Soenarto, Ph.D; Prof. Suyata, Ph.D; Prof. Suyanto, Ph.D; Prof. Dr. Muhyadi, Prof. Dr. Aliyah A. Rasyid; dan Prof. Kumaidi, Ph.D.

Suratno adalah mahasiswa PPs UNY yang berasal dari FKIP Lambung Mangkurat Banjarmasin. Semoga kelulusannya tidak hanya membawa manfaat bagi keluarga dan lembaga asal, tetapi juga bermanfaat bagi bangsa dan negara.