Apa dan Siapa Program Pascasarjana UNY

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Yogyakarta adalah unit pendidikan setara fakultas yang diberi mandat untuk mengelola progam studi (prodi) berjenjang S2 (magister) dan S3 (doktoral) untuk bidang-bidang ilmu yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada tahun 2010 PPs UNY menyelenggarakan 14 prodi (11 Prodi S2 dan 3 Prodi S3), melayani sekitar 2000 mahasiswa, termasuk 32 mahasiswa internasional, melibatkan 131 dosen dengan kualifikasi doktor dan profesor. Tenaga pengajar tersebut mayoritas berasal dari fakultas-fakultas dalam lingkup UNY, sedangkan untuk mata kuliah tertentu PPs menghadirkan dosen dari universitas atau lembaga lain di luar UNY.

Pada tahun 2014, PPs UNY menyelenggarakan 34 Program Studi di antaranya, 5 Program Studi S3 dan 29 Program Studi S2. Program Studi S3 meliputi, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Vokasi, Administrasi Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Ilmu Pendidikan Bahasa. Pada program magister meliputi, Program Studi S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Vokasi, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Non-Formal, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Linguistik Terapan, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Matematika, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Dasar, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan IPA, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Sejarah, Pendiidikan Ekonomi, Pendiidkan Teknik Elektronika dan Informatika, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Seni, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Luar Biasa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

PPs UNY berada di lokasi yang sangat strategis karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya sekitar 20 menit dari Bandara Adi Sucipto, 20 menit dari terminal bus dan 10 menit dari stasiun KA. Berbagai sarana transportasi menuju dan dari kampus sangat mudah diakses baik menggunakan bus Trans Jogja maupun layanan umum lainnya. Berbagai sarana publik tersedia di sekitar kampus, mulai dari hotel, penginapan, rumah kos, toko buku, wartel, warnet, bank, ATM, kantor pos, gerai belanja, rumah makan.